Idza Priyanti Berencana Pugar Makam Bupati Syatori

BREBES - Bupati Brebes Idza Priyanti berencana akan memugar makam Bupati Brebes KH Syatori yang terletak di Desa Talang Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Rencana tersebut diungkapkannya saat melakukan roadshow ziarah makam tersebut belum lama ini.

"Kita harus menghormati pimpinan, termasuk makam Bupati Brebes KH Syatori ini. Dan kita akan usulkan program pavingisasi atau pengaspalan menuju makam pada anggatan perubahan 2021," ujar Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat roadshow, Jumat (15/1).

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes Wijanarto mengatakan, pihaknya telah mengusulkan pemugaran makam Bupati Syatori. Namun selalu dipangkas akibat refokusing anggaran.

"Pemugaran sudah diusulkan, cuman belum masuk anggaran akibat refokusing Covid-19," kilah Wijan.

Pemugaran itu layak, kata Wijan, karena H Syatori sangat besar perjuangannya untuk Brebes. Bahkan beliau layak diusulkan kepada presiden RI sebagai Pahlawan Nasional. Termasuk Bupati Binaji juga layak diusulkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Saat kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dijabat Pak Tarsun, Bupati KH Syatori dan Bupati Binaji pernah diusulkan namun tidak ada pengawalan hingga sekarang,” ungkap Wijan.

H Syatori merupakan Bupati Brebes pada masa pemerintahan tahun 1946 –1947 era revolusi yang merupakan tokoh Masyumi dan pengusaha muslim yang dipilih rakyat pada saat peristiwa Tiga Daerah pada bulan November 1945.

H Syatori dibunuh oleh tentara NICA saat agresi militer pertama. Mayatnya ditemukan di Songgom. Ia dibunuh setelah menolak bekerja sama dalam pemerintahan Recomba.

Roadshow ziarah kubur digelar dalam rangkaian Hari Jadi ke-343 Kabupaten Brebes. Bupati didampingi antara lain suami bupati AKPB Warsidin, Wakil Bupati Brebes Narjo, Forkopimda dan beberapa kepala OPD Kabupaten Brebes. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Kota Tegal Semakin Panas, Wali Kota Laporkan Wakil Wali Kota ke Polisi atas Dugaan Rekayasa Kasus.
  • Wakil Ketua MUI Sebut Jika Presiden Jokowi Ditahan Negara Berantakan, Habib Rizieq Ditahan Umat Berantakan.

Berita Terkait

Berita Terbaru