Ingatkan Pengusaha dan UMKM di Tegal, Sandiaga Uno: Ingin Sukses, Kerja Empat As dan 3G

KOTA TEGAL - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno melakukan serangkaian kegiatan di wilayah Kota Tegal, Minggu (3/7) siang. Pada kesempatan itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berbagi kiat menjadi pengusaha sukses.

Saat membuka pameran Apresiasi Produk Kreatif Indonesia (AKI) di salah satu mal di Jalan Kolonel Sugiono, Menparekraf Sandiaga mengingatkan kepada pelaku UMKM yang berhasil lolos mengikuti seleksi AKI 2022 untuk memperhatikan etos kerja. Kuncinya dengan menerapkan empat AS.

"Ingat ya, harus 4 As. Kerja keras, cerdas, tuntas dan ikhlas," katanya.

Selain itu, kata Sandiaga, untuk menjadi pengusaha sukses juga perlu menerapkan metode dengan 3G. Gerak cepat (Gercep), gerak bersama (Geber) dan garap semua potensi online (Gaspol).

"Etos kerja empat AS dan metode tiga G itu menjadi kunci saya meraih sukses. Saya sempat kehilangan pekerjaan karena PHK 25 tahun lalu, tetapi Alhamdulillah bisa bangkit seperti sekarang ini berkat kerja itu tadi," ujar Sandiaga.

Selanjutnya, kata Sandiaga, dirinya mendorong Wali Kota dan Bupati Tegal, untuk mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan tempat wisata. Sebab, banyak produk-produk dan obyek di kedua tempat yang bisa dikembangkan untuk semangat ekonomi baru pasca pandemi Covid-19.

"Saya menaruh harapan besar kepada kepala daerah untuk ikut mendorong dalam proses pengembangannya," ucap Sandiaga.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyebut di wilayahnya, terdapat 12 obyek wisata yang kini menjadi andalan masyarakat untuk berekreasi. Sedangkan untuk jumlah UMKM saat ini telah mencapai 1.800 pelaku usaha, mereka ikut berkontribusi menyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

Dari jumlah itu, ada sekitar 380 UMKM yang aktif dan terus berkolaborasi dengan pemerintah, kemudian 182 diantaranya juga intens mengikuti kegiatan bazar maupun expo. Sinergi dan kolaborasi sudah berjalan dengan baik.

"Kita terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya para pelaku UMKM," tegasnya.

Bupati Tegal, Umi Azizah mengaku pihaknya telah menjembatani pelaku UMKM untuk mendapatkan perizinan dengan mudah dan cepat. Layanan lain, seperti penyertaan izin Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pelaku usaha UMKM juga terus berjalan dengan mengikuti perkembangan zaman.

Untuk diketahui, setelah membuka Pameran AKI, Menparekraf Sandiaga juga menghadiri Dies Natalis salah satu Politeknik. Kemudian, menghadiri pelatihan konten kreator di cafe Jalan Semeru Kota Tegal. (muj/zul)

Baca Juga:

  • Semua Polisi yang Halangi Penyidikan Tewasnya Brigadir J Bisa Dipidana, Kompolnas: Mohon Sabar.
  • Sadis! Senjata Brigadir J Disebut Dipakai Pelaku Lain untuk Buat Alibi Baku Tembak.

Berita Terkait

Berita Terbaru