Inggris vs Belgia, Laga Sarat Dendam

LONDON - Putaran ke-3 UEFA Nations League A 2020/21 Grup 2 akan mempertemukan Inggris dan Belgia di Stadion Wembley, London, Minggu (11/10) pukul 23:00 WIB.

Jika dilihat dari data statistik pertandingan sebelumnya, Belgia lebih diunggulkan dalam laga ini. Pada matchday 1, De Rode Duivels berturut-turut menang 2-0 di Denmark dan 5-1 menjamu Islandia.

Sementara Three Lions, hanaya menang tipis 1-0 atas tuan rumah Islandia lewat penalti injury time Raheem Sterling. Setelah itu, cuma bisa imbang 0-0 di kandang Denmark.

Secara Head-to-Head, Belgia memiliki keunggulan dalam kedua pertandingan mereka di Piala Dunia 2018. The Three Lions bahkan tidak bisa mencetak satu gol pun di kedua kekalahan tersebut. Namun, Setan Merah rata-rata hanya mencetak 1,5 gol dalam dua pertemuan tersebut.

Terlebih lagi, Belgia saat ini memimpin klasemen sementara Grup 2 dengan enam poin dari dua pertandingan. Di bawah Belgia, ada Inggris (4), Denmark (1), dan Islandia (0).

Meski demikian, pasukan Gareth Southgate bukan tanpa perlawanan. Mereka terbilang tampil mengesankan di UEFA Nations League musim ini. Mereka juga mencatatkan clean sheet dalam lima pertandingan terakhir dalam rekor keseluruhan.

Torehan positif juga berhasil diraih skuad The Three Lions dalam uji coba internasional Jumat (9/10/2020) dini hari tadi, dengan menumbangkan Wales lewat skor telak 3-0.

"Saya pikir para pemain melakukannya dengan sangat baik, sulit menyatukan banyak anggota baru tanpa pengalaman, namun mereka mengatasinya dengan baik," ujar Southgate, dikutip dari laman resmi federasi.

Dalam laga nanti, Southgate dipastikan akan mengandalkan kembalinya Harry Maguire ke skuad. Sedangkan Harry Kane akan menjadi pemain kunci dalam serangan mereka di Stadion Wembley.

Sementara Raheem Sterling mengundurkan diri karena cedera hamstring ringan. Sedangkan Sancho, Chilwell dan Abraham menjalani isolasi. Sebaliknya, Southgate telah memberi debut pertama Dominic Calvert-Lewin dan Harvey Barnes, serta duo pemain bertahan Reece James dan Bukayo Saka.

Untuk Belgia, Thorgan Hazard saat ini absen setelah mengalami cedera saat bermain untuk Borussia Dortmund, tetapi Martinez telah memasukkan saudaranya, Eden, yang telah berjuang untuk mendapatkan waktu bermain musim ini untuk Real Madrid dengan agitasi pergelangan kaki.

Pemain kunci lainnya yang dikabarkan tak bisa diturunkan, termasuk sang kiper andalan Thibaut Courtois. Akibatnya Roberto Martínez dipaksa putar otak untuk membawa sejumlah debutan.

"Sekarang kami bisa menambah jumlah pemain di skuad dan membuka jendela bagi banyak debutan, banyak talenta muda di tim. Mereka mendapat kesempatan berada di tim nasional, dan sekarang kami akan melihat apa yang dapat mereka lakukan, dan apakah mereka dapat menambah persaingan di grup," kata Martínez, dikutip dari The Sun. (der/zul/fin)

Baca Juga:

  • NU Bukan Padanan Gus Nur, Andi Arief: Jika Maafkan, Nahdlatul Ulama Akan Catatkan Sejarah.
  • Sindir Kebakaran Kejagung, Tengku Zulkarnain: yang Ngerokok Dipecat Aja, Takutnya Istana Negara Ikutan Terbakar.

Berita Terkait

Berita Terbaru