Ingin Beli Juga Klub Liga 3, Pengamat: Raffi Ahmad Bisa Rusak Iklim Sepakbola Indonesia

JAKARTA - Belum puas mengambil alih Cilegon FC, selebritis Raffi Ahmad tertarik untuk membeli klub Liga 3 Indonesia. Pernyataan itu diungkap oleh suami Nagita Slavina saat berdiskusi di channel Youtube Darius Sinathrya.

''Ini ada rencana tim Liga 3 yang bakal diakuisisi juga. Jadi, itu tantangan gua untuk bikin sesuatu jadi bergairah. Kalau di Liga 1 'kan isinya pebisnis-pebisnis yang sudah besar,'' ungkap Raffi kepada Darius.

Namun siapa sangka menurut pengamat sepak bola, upaya dari Raffi tersebut bisa merusak iklim sepak bola Indonesia. Pandangan itu disampaikan oleh pengamat sepak bola Indonesia, Akmal Mahali.

"Tidak boleh seharusnya (punya dua klub). Cuma di Indonesia tidak ada aturannya. Sebagai contoh banyak klub yang dimiliki satu orang atau perusahaan tertentu akhirnya kaya sekoci," terang Akmal saat dihubungi FIN.co.id pada Selasa (27/4).

Menurut Akmal, kepemilikan dua klub akhirnya bisa membuat kompetisi menjadi tidak sehat. Hal ini dikarenakan ketika dua klub dengan pemilik yang sama bertemu bisa saja terjadi pengaturan skor.

"Ini bahaya dan ini pernah terjadi di era Galatama. Runtuh karena pengaturan juara, pengaturan skor. Ini akhirnya membuat sepakbola Indonesia rusak. Rusak kompetisi, juara dan prestasinya," tegas Akmal.

Lebih lanjut Akmal menjelaskan jika sistem cross ownership juga dilarang oleh FIFA. Aturan itu menurut aktivis Save Our Soccer tersebut bersifat mengikat, sehingga PSSI sebagai federasi harus memberlakukan larangan yang sama.

"Mengikat juga sebenarnya. Misalnya cross ownership dilarang, itukan mengikat juga. Cuma masalahnya kan diumpet-umpetin. Misalnya sebenarnya Raffi Ahmad punya tiga klub di Indonesia kemudian diumpetin. Misalnya satu atas nama Nagita dan satu lagi atas nama Rafathar," ucap Akmal.

Raffi diketahui resmi mengakuisisi Cilegon United pada akhir Maret lalu. Dirinya bergerak cepat untuk menyulap klub yang kini bernama Rans Cilegon FC itu menjadi tim yang lekat dengan kesan entertaiment.

Belum diketahui klub Liga 3 mana yang akan dibeli oleh presenter papan atas Indonesia tersebut. Namun beredar kabar, PSB Bogor yang menjadi incarannya karena Raffi sempat bertemu petinggi klub kota hujan tersebut. (vyt/zul/fin)

Baca Juga:

  • Bukan 1, Polisi Akui Terima 3 Laporan Terkait Dugaan Benny K Harman Tampar Pegawai Restoran.
  • Jika Nasdem Bersama Golkar, PAN, PPP, dan PKB Usung Ganjar, Pengamat: Ini Skenario Jegal Anies Baswedan.

Berita Terkait

Berita Terbaru