Ini Enam Stadion Piala Dunia U-20 Pilihan PSSI

JAKARTA - Meski pandemi masih berlangsung, harapan Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) untuk melanjutkan persiapan Piala Dunia U-20 2021 sepertinya tak mengenal kata mundur. Sebanyak enam stadion yang akan menjadi venue utama ajang bergengsi tersebut baru saja ditetapkan dan dilaporkan ke Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

PSSI meminta dan telah menyurati Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), agar bisa melakukan perbaikan di enam stadion tersebut.

Enam stadion yang telah dipilih yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali. PSSI menargetkan Maret 2021, semua renovasi rampung dilakukan.

Ketua Umum PSSI Muhammad Iriawan mengatakan, terpilihnya enam stadion dengan alasan infrastruktur dan pernah dipakai dalam Asian Games 2018 silam. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu meminta enam kandidat stadion itu untuk disempurnakan infrastruktur sesuai dengan standar sepak bola internasional yang disarankan oleh FIFA.

September atau Oktober mendatang, FIFA akan datang ke Indonesia sekaligus melakukan melakukan inspeksi ke enam tersebut. "Suratnya sudah masuk ke Kementerian PUPR ya, ada enam [stadion] di sana," Kata Iwan.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menambahkan, pihaknya sengaja memberikan slot untuk Jaka Baring sebagai representasi dari Sumatera. Alasan lainnya adalah ketersediaan akses dan akomodasi seperti dalam penyelenggaran Asian Games di Bumi Sriwijaya, dua tahun silam.

"Jadi hampir semua provinsi terwakili, Jakabaring karena memang sudah pernah melakukan ajang besar di sana dan mewakili Pulau Sumatera yang salah satu bagian NKRI [Negara Kesatuan Republik Indonesia] kita ya," tambahnya.

"Jadi pada Februari atau Maret [2021] sudah harus selesai karena Mei sudah digunakan, dua bulan sebelum kegiatan Piala Dunia U-20 harus sudah selesai stadion itu," ia menambahkan.

Hal senada diungkapkan Pelaksana tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Menurutnya, pemerintah terus memberikan dukungan yang begitu besar kepada PSSI terutama untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Memang saat ini ada kendala efek pandemi Covid-19, seperti pengurangan anggaran di beberapa departemen Kementerian termasuk juga daerah-daerah, Provinsi, Kabupaten, Kota dimana stadion calon penyelenggaraannya adalah stadion yang ada pada dibawah Gubernur, Bupati, dan Walikota.

“Presiden Joko Widodo dan beberapa Kementerian terus memberikan dukungan penuh kepada PSSI, itu yang sangat membanggakan kita. PSSI akan terus berkomunikasi dan beraudiensi kembali untuk menjelaskan secara rinci ke beberapa Kementerian, dan direncanakan mulai minggu depan,” ungkap pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.

Selain pemerintah Indonesia, FIFA selalu memberikan dukungan penuh kepada PSSI agar penyelenggaran Piala Dunia U-20 2021 berjalan sukses serta lancar, komunikasi intens pun dilakukan hampir tiap hari. Piala Dunia U-20 2021 akan berlangsung pada tanggal 20 Mei-12 Juni 2021 mendatang. (fin/zul/tgr)

Baca Juga:

  • Soal Covid-19, Cucu Presiden ke-3 RI Sebut Nyawa di Indonesia Makin Murah di Penguasa.
  • Diduga Pelaku Bukan Orang Profesional, Luka Editor Metro TV Tidak Teratur.

Berita Terkait

Berita Terbaru