Ini Sederet Pola Kemitraan bank bjb yang Berandil Majukan UMKM

BANDUNG - Sebagai bank BUMD nomor satu di Jawa Barat, bank bjb berkomitmen kuat untuk terus memajukan perekonomian masyarakat, utamanya para pelaku UMKM. Sebagai wujud nyatanya, bank bjb memperluas kolaborasi dengan adanya kemudahan dan akses kredit bagi UMKM.

Penyaluran kredit bank bjb melalui pola kemitraan ini telah dilakukan dengan berbagai pihak yang bergerak dalam berbagai sektor usaha yang tersebar di berbagai daerah.

Misalnya kerja sama dengan Mitra Crowde dimana para petani anggotanya mengajukan permodalan untuk pupuk, bibit dan kebutuhan tanam sesuai RAK.

Perlu diketahui, Crowde merupakan startup fintech di bidang pertanian dengan daerah garapan dan binaan tersebar di seluruh Indonesia. Kerja sama bjb–Crowde telah diimplementasikan oleh cabang Daan Mogot dan Cabang Palabuhan Ratu dengan wilayah pertanian di daerah Sukabumi.

Pola kemitraan bank bjb lainnya dilakukan dengan Geraiku. Kerja sama ini menjadikan bank bjb sebagai perbankan yang dipercaya menyediakan dana guna disalurkan kepada para pemilik usaha toko tradisional mitra Geraiku untuk kebutuhan modal usaha.

Geraiku merupakan start up yang memfasilitasi para pelaku usaha toko tradisional yang menyediakan platform teknologi digital untuk mempertemukan toko, distributor dan produser agar mereka bisa bersaing di tengah kompetisi pasar modern. Mitra Geraiku tersebar di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan beberapa provinsi lainnya dengan mayoritas di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Dalam memperkuat ketahanan pangan daerah, melalui pola kemitraan, bank bjb bekerja sama dengan PG Rajawali memberikan pembiayaan untuk petani tebu dengan memanfaatkan fasilitas bjb KUR (Kredit Usaha Rakyat). Daerah garapan dari para petani yang bekerja sama dengan PG Rajawali II meliputi Majalengka, Cirebon Subang, Tegal, Sumber, dan Patrol,” Pemimpin Divisi Corporate bank bjb, Widi Hartoto.

Selain di bidang pertanian, pola kemitraan bank bjb pun mengakomodasi kebutuhan para peternak domba garut seperti kerja sama dengan PT. Agro Investama. Permodalan yang diberikan untuk membiayai pakan konsenrat, bibit, dan kebutuhan tanam.

Wilayah pemasaran PT. Agro Investama tersebar di daerah Jawa Barat seperti Banjar, Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, dan Sumedang. bjb bekerja sama dengan PT. Dilar Lintas Raya yang berdomisili di Kota Tasikmalaya untuk mengakomodir kebutuhan sapi wilayah priangan timur seperti Garut, Kabupaten Tasikmalaya,Kota Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran.

Dengan adanya pola kemitraan dengan PT. Dilar Lintas Raya adalah bentuk kontribusi bank bjb dalam menjamin kesejahteraan peternak. Selain itu juga memastikan keberlangsungan usaha mereka baik dari sisi budidaya, pasokan pakan ternak, obat-obatan, produksi hingga hasilnya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

bjb bekerja sama dengan PT. Agro Jabar salahsatu BUMD milik Provinsi Jawa Barat yang bergerak di bidang pertanian dan ketahanan pangan, dalam hal ini PT. Agro Jabar sebagai offtaker hasil pertaniannya.

Ini adalah bentuk kontribusi bank bjb dalam membantu kesejahteraan petani milenial memastikan keberlangsungan usaha mereka. bank bjb berupaya menjaga ekosistem hulu sampai hilir para petani terjamin dengan baik. (zul)

Baca Juga:

  • Soal Cuitan Polisi Diganti Satpam Bank, Kapolri: Jangan Antikritik, Introspeksi untuk Menjadi Lebih Baik.
  • Stop Penggunaan Sinovac, Thailand Beralih Gunakan Vaksin yang Efektif Lawan Varian Baru Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terbaru