Inovasi Pelayanan Adminduk di Kota Tegal Jadi Obyek Studi Tiru Disdukcapil Klaten

TEGAL - Inovasi dan terobosan Pelayanan administrasi Kependudukan (adminduk) yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal ternyata membuat daerah lain ingin menirunya. Salah satunya Kabupaten Klaten yang melakukan kunjungan belum lama ini.

Kepala Disdukcapil Kota Tegal Basuki melalui Sekretaris Dinas Disdukcapil Kota Tegal Zainal Ali Mukti mengatakan, kunjungan dari Klaten itu terkait inovasi yang telah dilakukan untuk mempermudah pelayanan adminduk. Bahkan, harapannya itu bisa diterapkan di daerah nantinya.

"Melalui studi tiru juga dapat berbagi pengetahuan. Utamanya untuk mencari informasi terkait inovasi adminduk," katanya.

Menurut Zaenal, saat ini pihaknya sudah melalukan kerja sama dengan instansi lain untuk membuat inovasi pelayanan adminduk. Salah satunya yang baru di-launching merupakan kerja sama dengan Pengadilan Agama dan Kemenag yaitu Si Cerpen Cinta.

"Inovasi itu, untuk mempermudah dalam kepengurusan perceraian."

Selain itu, kata Zaenal, untuk meningkatkan angka perekaman KTP-el, pihaknya juga melakukan jemput bola. Hal itu dilakukan dengan mendatangi kelurahan, sekolah dan tempat lainnya dengan dibantu dari relawan adminduk.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Klaten Utami menyampaikan, kedatangannya untuk melakukan studi tiru. Harapannya, inovasi yang baik itu bisa dilakukan di Klaten.

"Semua itu untuk mempermudah pelayanan adminduk. Untuk itu, studi tiru seperti ini dilakukan," pungkasnya. (muj/ima)

Baca Juga:

  • Laksamana Enam Bulan.
  • Bed Pasien Covid-19 di RSI Penuh, Dua Rumah Sakit Lainnya Tersisa Sedikit.

Berita Terkait

Berita Terbaru