Jebol! Tanggul Sungai Gung Kabupaten Tegal Mulai Diperbaiki Warga

DUKUHTURI - Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar mengajak masyarakat memperbaiki tanggul Sungai Gung yang jebol di Desa Kademangaran Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Tanggul itu jebol saat debit air sungai mengalir deras pada Rabu (17/2) sekitar pukul 03.30 WIB. Akibatnya tiga perumahan di wilayah Kecamatan Dukuhturi terendam banjir.

Ketiga perumahan itu yakni Griya Santika Desa Pengabean, Perumahan Eka Bahari Desa Karanganyar dan Perumahan Mutiara Dika Desa Kademangaran.

Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, Selasa (23/2) mengungkapkan, bekas tanggul yang jebol masih ditutup dengan puluhan karung yang berisi material tanah. Kodim juga memasang tiang pancang dari bambu sebagai penahan karung. Saat ini, perbaikan masih berlanjut.

Dalam perbaikan tanggul itu, dirinya menerjunkan Babinsa Koramil Dukuhturi dan 22 anggota Kodim 0712 Tegal.

"Kami juga bekerjasama dengan petugas PSDA, ormas Pemuda Pancasila, Banser, Karang Taruna, dan staf Kecamatan Dukuhturi serta masyarakat di tiga desa yang terdampak jebolnya tanggul tersebut," katanya.

Sementara itu, Komandan Koramil Dukuhturi Kapten Inf Radiyono membenarkan jika saat ini, tanggul Sungai Gung yang jebol masih diperbaiki. Perbaikan dengan cara manual karena darurat dan minimnya anggaran. Tanggul yang jebol dibendung dengan karung berisi tanah.

"Kemudian untuk menahan karung itu, menggunakan kayu bambu dan balok yang ditancapkan di tepi sungai," ucapnya.

Sementara untuk logistiknya, lanjut Kapten Inf Radiyono, para pekerja mendapat bantuan nasi bungkus dan air mineral dari tiga desa yang terdampak.

"Ini memang darurat, jadi harus dilakukan secara cepat. Jika tidak ditangani, khawatir tanggul yang jebol akan semakin parah," tambahnya. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Wakil Ketua MUI Sebut Jika Presiden Jokowi Ditahan Negara Berantakan, Habib Rizieq Ditahan Umat Berantakan.
  • Kota Tegal Semakin Panas, Wali Kota Laporkan Wakil Wali Kota ke Polisi atas Dugaan Rekayasa Kasus.

Berita Terkait

Berita Terbaru