Jelang Idul Adha, Harga Cabai dan Bawang Merah di Kota Tegal Masih Pedas

KOTA TEGAL - Beberapa hari menjelang perayaan Idul Adha tahun ini, harga cabai dan bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Tegal masih tinggi. Meski begitu, kondisi stoknya mencukupi.

Hal itu diketahui setelah Tim Satuan Tugas Ketahanan Pangan Kota Tegal melakukan pantauan stok kebutuhan pokok masyarakat Selasa (5/7).

Pemantauan dilakukan dengan mendatangi pasar tradisional, distributor dan mall yang ada di Kota Bahari.

Usai sidak, Kepala Bappeda yang juga Sekretaris Satgas Ketahanan Pangan Kota Tegal Resti Dirjo Prihatno mengatakan, dalam melaksanakan monitoring, tim dibagi menjadi dua. Kelompok 1 dengan mendatangi Pasar Pagi dan Langon serta distributor telur di Kelurahan Kraton.

"Untuk kelompok kedua, melaksanakan pantauan di Rita Mall, Pasar Sumurpanggang dan Bandung," katanya.

Koordinator Perekonomian dan SDA Bapeda Kota Tegal Indah Fauziana mengatakan, dari hasil monitoring, harga sejumlah kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha masih mengalami kenaikan.

Seperti cabai rawit merah berkisar Rp86-100 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp80- 95 ribu dan bawang merah Rp55-65.000.

"Sedangkan harga daging sapi cenderung stabil di harga Rp140 ribu perkilogram dan minyak goreng curah rata-rata di harga Rp14 ribu-14.500," ujar Indah.

Kemudian, kata Indah, untuk minyak goreng kemasan di harga Rp22-25.000 per liter. Sedangkan beras, gula pasir, telur, daging ayam cenderung stabil.

"Berdasar pantauan, untuk ketersediaan bahan kebutuhan pokok sejauh ini aman menjelang hari raya idul Adha. Meski begitu, kami mengimbau kepada masyarakat agar bijak berbelanja, yakni membeli kebutuhan pokok sesuai yang diperlukan," pungkasnya. (muj/ima)

Baca Juga:

  • Semua Polisi yang Halangi Penyidikan Tewasnya Brigadir J Bisa Dipidana, Kompolnas: Mohon Sabar.
  • Sadis! Senjata Brigadir J Disebut Dipakai Pelaku Lain untuk Buat Alibi Baku Tembak.

Berita Terkait

Berita Terbaru