Jelang Idul Adha, Polisi di Kota Tegal Blusukan ke Kandang Ternak Antisipasi PMK

KOTA TEGAL - Menjelang perayaan Idul Adha, anggota Polsek Tegal Timur Polres Tegal Kota intens blusukan ke kandang ternak milik warga. Itu, dilakukan untuk memberikan imbauan kepada peternak guna mewaspadai penyakit mulut dan kuku (PMK) yang merebak di sejumlah daerah akhir-akhir ini.

Panit Binmas Polsek Tegal Timur Polres Tegal Kota Aipda Aziz Fahrudin saat mendatangi peternak di Kelurahan Slerok, Rabu (06/07) mengatakan, pengecekan dilakukan sebagai langkah awal pencegahan PMK, baik kepada pemilik ternak maupun penjual hewan kurban.

Utamanya, saat menjelang perayaan Idul Adha yang tinggal beberapa hari lagi.

“Mereka kita imbau untuk melakukan upaya pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan kandang maupun hewan kurban, penyemprotan cairan disinfektan, dan berkoordinasi dengan petugas kesehatan atau pertanian," katanya.

Menurut Azis, meski sampai saat ini di wilayah Kota Tegal belum ditemukan kasus PMK, pihaknya berkomitmen bersama dinas terkait akan terus memantau perkembangan situasi. Sehingga kasus tersebut tidak menyebar di wilayah Kota Bahari.

"Kami akan terus bersinergi dengan dinas terkait guna mengantisipasi penyebaran PMK. Namun, kami juga mengharapkan keaktifan warga untuk menjaga hewan ternak masing masing," terang Aipda Aziz.

Ditambahkannya, sejak merebaknya PMK di beberapa wilayah, Polres Tegal Kota sudah memerintahkan para Bhabinkamtibmas untuk rutin melakukan pengecekan.

Baik itu ke para peternak maupun rumah penduduk yang menjadi pedagang hewan secara musiman menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini.

"Selain memberikan imbauan tentang wabah PMK, patroli ini juga bertujuan untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di tengah masyarakat," tandasnya.

Azis pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik. Apabila menemukan kasus PMK di lingkungannya bisa melaporkan ke Polsek, Bhabinkamtibmas maupun dinas terkait sehingga bisa segera ditangani secara tepat dan cepat. (muj/ima)

Baca Juga:

  • Semua Polisi yang Halangi Penyidikan Tewasnya Brigadir J Bisa Dipidana, Kompolnas: Mohon Sabar.
  • Sadis! Senjata Brigadir J Disebut Dipakai Pelaku Lain untuk Buat Alibi Baku Tembak.

Berita Terkait

Berita Terbaru