Jika Ibukota Negara Pindah, Pengamat Sebut Jakarta Akan Setara New York

JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, Jakarta akan setara dengan New York setelah Amerika Serikat menetapkan Washington DC sebagai ibukota negara.

"Sebagai ketua DPRD DKI Jakarta saya menilai Jakarta tetap istimewa nantinya yang memiliki kekhususan seperti Kota New York yang telah sukses sebagai pusat bisnis," kata Prasetio dikutip dari Kantor Berita RMOLJakarta, Kamis (20/1).

Jakarta akan tetap menjadi kota besar sekalipun ibukota negara nantinya dipindah ke Kalimantan Timur.

Dikatakan politisi PDI Perjuangan itu, banyak negara hebat yang berhasil memisahkan antara kota yang akan dijadikan pusat pemerintahan dan pusat bisnis hingga akhirnya dapat fokus melaksanakan pembangunan.

Selain New York, dia juga mencontohkan Turki yang telah memindahkan fokus pemerintahannya ke kota Ankara dari Istanbul.

"Jika Jakarta ke depan menjadi pusat bisnis, maka akan fokus pada perekonomian. Dengan begitu Jakarta menjadi jantung baru untuk masa depan Indonesia," terangnya.

Prasetio berpendapat, perpindahan ibukota sama dengan mengurangi beban Jakarta yang menyandang sebagai pusat pemerintahan sekaligus pusat perekonomian.

"Sebagaimana Presiden Jokowi bilang, pemindahan Ibukota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur merupakan transformasi besar yang dilakukan pemerintah. Saya melihat ini sangat baik karena demi cita-cita dan tujuan negara ke depan," tandasnya. (RMOL/ima)

Baca Juga:

  • Menikah dengan Sahabat Ibunya, Juwita Bahar Buka-bukaan Urusan Ranjang.
  • Pemerintah Sediakan Lagi Minyak Goreng Seliter Rp14 Ribu, Begini Cara Mendapatkannya.

Berita Terkait

Berita Terbaru