Jika Jadi Presiden, Ruhut Tuding Anies Baswedan Bakal Habisi Pembencinya, Tokoh NU: Kasihan

JAKARTA - Politisi Ruhut Sitompul dipolisikan buntut postingan meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai baju adat suku Dani, Papua. Dia diduga rasis atas postingannya itu.

Laporan diterima di Polda MetroJaya dengan nomor laporan LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 11 Mei 2022. Ruhut dilaporkan dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE).

Polisi membenarkan adanya laporan ini.

Ruhut Sitompul kemudian memberikan pernyataan keras kepada Anies Baswedan.

Usai dilaporkan karena mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta itu berpakaian adat Papua, dia malah membuat pernyataan yang menuding Anies akan menghabisi para pembencinya jika kelak berkuasa jadi presiden.

Tudingan Ruhut itu lantas direspon tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Umar Hasibuan di akun Twitter-nya, Jumat (13/5).

Gus Umar mengatakan yang melaporkan Ruhut bukanlah pihak dari Anies Baswedan. Melainkan sekelompok pemuda Papua yang merasa tersinggung atas unggahan foto editan itu.

“Hei Ruhut yg laporin kau bukan anies. Kasihan kebakaran jenggot. Takut ya?” kata Gus Uma

Ruhut Sitompul mengaku heran karena meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa sampai membuatnya dipolisikan.

Menurutnya banyak meme bukan cuma ditujukan ke mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Semisal meme Presiden Joko Widodo. Namun, sebagai pendukung mantan wali kota Solo itu, Ruhut mengaku tidak baper akan meme ke Jokowi.

“Soal meme, banyak kok meme terhadap Pak Jokowi, kurang apa lagi. Tapi kami pendukung Pak Jokowi tidak cengeng, biarpun kami berkuasa. Biarin saja, biar rakyat yang menilai,” kata dia kepada wartawan, Kamis (12/5).

Dia mengaku soal meme Anies yang membuatnya sampai dilaporkan ke Polda Metro Jaya itu didapat, bukan dibuatnya sendiri. Dirinya mengklaim maksudnya pun baik.

“Kebayang lho kalau menang dia (Anies) jadi Presiden. Habis kami semua. Belum berkuasa saja sudah lebih dari yang berkuasa. Soal meme, saya dapat. Saya pikir seru juga. Saya kirim gambar. Maksud saya baik. Kalau kata orang Betawi ini nama Usahe. Kan usaha. Itu bagus filosofi. Kenapa ada cerita ini?” ujarnya lagi dikutip dari Fajar.co.id. (ima/rtc)

Baca Juga:

  • Menikah dengan Sahabat Ibunya, Juwita Bahar Buka-bukaan Urusan Ranjang.
  • Pemerintah Sediakan Lagi Minyak Goreng Seliter Rp14 Ribu, Begini Cara Mendapatkannya.

Berita Terkait

Berita Terbaru