Kabupaten Tegal Peringati Hari Jadi, Umi Azizah: Momentum Kebangkitan dan Perlawanan Terhadap Covid-19

SLAWI - Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-420 merupakan momentum kebangkitan ekonomi sekaligus perlawanan terhadap penularan Covid-19.

Hal ini disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah saat menggelar acara tasyakuran di pendapa rumah dinas.

Umi Azizah, Kamis (20/5) mengatakan, pengalaman satu tahun menangani pandemi dan bercermin dari peristiwa tsunami Covid-19 di negara lain, bisa menjadi pembelajaran penting terkait upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan virus corona, termasuk mitigasi risiko klaster Covid-19. Sekalipun tidak ringan, masa sulit ini harus bisa dihadapi dengan sabar dan tawakal.

"Di samping mengembangkan kemampuan diri untuk beradaptasi, bertransformasi pada sektor kehidupan ekonomi yang lebih baik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi,” katanya.

Salah satunya, Umi Azizah mencontohkan, mendigitalisasi produk lokal usaha ultra mikro, usaha mikro, kecil dan menengah agar dapat bersaing di platform digital marketplace yang segmen semakin luas.

Di lain sisi, ujian pandemi juga telah menumbuhkan kedermawanan dan mengasah kesetiakawanan sosial yang menurutnya sebagai kekuatan besar untuk menopang perbaikan ekonomi bangsa.

"Kedermawanan adalah sebuah asa kebangkitan untuk melewati badai pandemi ini dengan selamat tanpa menciptakan jurang ketimpangan ekonomi yang semakin dalam,” tambahnya.

Sementara itu, lanjut Umi Azizah, dirinya juga mengingatkan di tengah kondisi tekanan ekonomi yang luar biasa ini, diperlukan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, daerah dan desa.

Sehingga para pelaku usaha dan masyarakat semuanya berjalan dalam satu arah kebijakan, solid untuk pemulihan ekonomi nasional.

"Mari bangun semangat optimistik untuk maju dan berempati kepada sesama. Saatnya bergotong-royong, mbangun berkah, gawe bungah. Insya Allah akan terbuka jalan untuk menjalani kehidupan ke depan yang lebih baik, lebih sehat, aman dan produktif," tambahnya. (guh/ima)

Baca Juga:

  • 18 Orang Terjaring Razia Kos-kosan, Ada yang Sedang Asik Bertiga di Kamar.
  • Bed Pasien Covid-19 di RSI Penuh, Dua Rumah Sakit Lainnya Tersisa Sedikit.

Berita Terkait

Berita Terbaru