by

Pindah Tugas, Bupati Kilas Balik Kinerja AKBP Dwi Agus Prianto

SLAWI – Pergantian jabatan pimpinan sudah menjadi bagian dari dinamika organisasi, seperti halnya jabatan kapolres Tegal yang telah berganti dari AKBP Dwi Agus Prianto ke AKBP Muhammad Iqbal Simatupang.

Sebelum berpisah dengan kapolres yang lama, Bupati Tegal Umi Azizah menceritakan banyak hal tentang Dwi Agus, pria asli Kendal di Pendapa Amangkurat.

Umi Azizah, Kamis (16/1) mengaku sangat mengapresiasi dedikasi dan pengabdian AKBP Dwi Agus selama menjabat sebagai kapolres Tegal. Karena dalam menjabat, Dwi Agus telah banyak membantu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di tahun politik lalu. Sehingga pelaksanaan pesta demokrasi mulai dari Pemilihan Kepala Daerah di tahun 2018 dilanjutkan dengan penyelenggaraan Pemilu 2019, termasuk pemilihan presiden di dalamnya hingga Pilkades Serentak Kabupaten Tegal berlangsung lancar.

“Pesta demokrasi di Kabupaten Tegal semuanya berjalan dengan baik, lancar tanpa ada gangguan yang berarti. Ini karena prestasi dan kinerja dari institusi kepolisian,” katanya.

Tentunya hal tersebut, tambah Umi, adalah upaya Dwi Agus dalam membangun trust, membangun kepercayaan publik melalui layanan kepolisian yang semakin terbuka, profesional dan modern. Saat kepemimpinan Dwi Agus, jajaran kepolisian juga sangat proaktif dalam membantu menyelesaikan persoalan di masyarakat seperti pemberian air bersih di desa-desa yang mengalami kekeringan, menyediakan tenda darurat sebagai ruang belajar siswa SD di Dukuhwaru akibat diterjang angin puting beliung. Juga saat terjadi kebakaran hutan di lereng Gunung Slamet.

“Pak Dwi Agus dengan sigap menerjunkan anggotanya untuk serta memadamkan api di sana. Beberapa kali juga kita menggelar operasi gabungan untuk mencegah penyakit di masyarakat, hingga Satgas Pangan saat menjelang tahun baru,” tambahnya.

AKBP Dwi Agus Prianto mengaku, hadirnya aplikasi android SiPoci diharapkan bisa mendekatkan masyarakat dengan aparat kepolisian. Karena SiPoci adalah layanan Polres Tegal dalam menangani pengaduan, gangguan keamanan hingga kriminalitas di masyarakat.
Kini dirinya resmi menjabat sebagai wakil kepala Sekolah Polisi Negara Purwokerto. Jabatan baru ini menurutnya sesuai cita-cita dari almarhum ibunda tercintanya. Karena dulu ibunya menginginkan dirinya menjadi guru alias kepala sekolah.

“Alhamdulillah walaupun polisi bisa menjadi wakil kepala sekolah. Terima kasih semua jajaran di Kabupaten Tegal telah bekerjasama dengan baik selama masa kepemimpinan saya.”

Sementara itu, kapolres Tegal yang baru, AKBP Muhammad Iqbal Simatupang menyebut tugas terakhirnya di Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Dirinya berharap adanya kerja sama dari semua pihak baik pemda, TNI maupun instansi lainnya.


Dirinya siap mendukung pemda dalam hal memajukan daerah dan bersinergi dengan TNI serta seluruh instansi di Kabupaten Tegal. Dirinya juga akan meningkatkan dan mengoptimalkan lagi pelayanan masyarakat. (guh/ima)

Comment

Berita Terbaru