oleh

Seniman Tegal Kumpulkan Donasi Rp7,6 Juta dari Konser Amal

TALANG – Konser amal seniman tradisi tegalan telah berjalan dengan sukses. Acara yang digelar live streaming selama tiga jam ini, berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp7.600.000.

Ketua Karang Taruna Edi Gemblong, Sabtu (23/5) mengatakan, dengan
mengutamakan protokol kesehatan, konser seniman tradisi tegalan ini menampilkan enam pertunjukan. Seperti Tari Endel, Balo-balo, Puisi Tegalan, lagu-lagu khas Tegalan, fragmen wayang lima dimensi dan juga bincang-bincang oleh para maestro yang ada di Kabupaten Tegal.

Kegiatan ini selain
didukung oleh Pemkab Tegal, juga didukung Karang Taruna, Sanggar Satria Laras dan juga para pengamat seni yang ada di Kabupaten Tegal.

Kegiatan konser amal ini terinspirasi karena adanya Covid-19 yang membuat sendi-sendi kehidupan tersendat, khususnya untuk para seniman.

“Mudah-mudahan konser ini tidak hanya berhenti di sini. Untuk selanjutnya bisa mengajak organisasi-organisasi lain. Covid-19 tidak boleh menghentikan kita dalam berkarya dan berkreativitas,” katanya.

Hal lain dikatakan Nur Wahyu, perwakilan maestro Tari Endel yang menambahkan, selain menampilkan pertunjukkan, para maestro seni juga bercerita tentang bagaimana asal muasal dari sebuah kesenian yang ada di Kabupaten Tegal. Serta bagaimana fungsi dari kesenian tersebut dapat diciptakan. Dirinya sangat berharap Tari Endel yang sudah di SK-kan oleh bupati bisa berkembang dan diberi dukungan untuk dijadikan tarian khas dari Kabupaten Tegal.

“Untuk menjadi tari khas itu butuh berbagai macam dukungan. Saya berharap tarian khas ini bisa dimasukkan di kurikulum pendidikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal,” harapnya.

Selain itu, para seniman juga berbincang sekaligus mengenang sosok dari maestro seni Ki Enthus Susmono.

Ki Enthus merupakan seniman yang karyanya telah diakui oleh dunia. Dalang Ki Carito mengakui, dirinya sangat mengagumi sosok ki Enthus yang memiliki banyak karya dan prestasi hingga akhir hayatnya dan menyebut bahwa ki Enthus adalah Pahlawan Seni Sejati.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Tegal Imam Joend juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh pendukung, sehingga konser amal ini dapat terlaksana dengan sukses. Dirinya juga berharap, para penerus seni bisa diberikan ilham, supaya nantinya bisa meneruskan kesenian-kesenian, khususnya kesenian yang ada di Kabupaten Tegal dengan lebih baik.


Donasi untuk para seniman akan terus dibuka selama adanya pandemi wabah Covid-19. Masyarakat dapat berdonasi membantu para seniman melalui Rekening Donasi Bank Jateng 2-035-26856-4 a/n Karang Taruna Kabupaten Tegal. (guh/ima)

Komentar

Berita Terbaru