Kalah di 2018, Habib Ali Siap Nyalon Wali Kota Tegal Lagi di Pilkada 2024

KOTA TEGAL - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tegal dipastikan akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. Sejumlah tokoh di Kota Bahari pun mulai berbicara tentang kontestasi lima tahunan yang akan digelar secara serentak se-Indonesia itu.

Salah satunya adalah Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Habib Ali Zaenal Abidin. Politisi yang juga Ketua DPC PKB Kota Tegal itu menyatakan siap untuk mencalonkan diri kembali menjadi wali kota Tegal.

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu (22/6) sore, Wakil Wali Kota Tegal periode 2009-2014 itu mengatakan siap mengikuti Pilkada 2024 nanti. Namun, supaya dia bisa mencalonkan diri sebagai orang nomor 1 di Kota Bahari, dia berharap, masyarakat bisa ikut memenangkan PKB di pileg.

"Jika memang menginginkan saya untuk bisa mencalonkan diri kembali, maka kami berharap agar warga Kota Tegal juga ikut memenangkan PKB dalam Pileg 2024 nanti," katanya.

Menurut Habib Ali, pada pileg nanti pihaknya menargetkan akan memperoleh 10 kursi di DPRD Kota Tegal. Dengan begitu, PKB bisa mencalonkan sendiri tanpa berkoalisi.

"Saat ini kita memperoleh 6 kursi. Kalau nanti di 2024 bisa meraih 10 kursi, maka bisa maju Pilkada sendiri meski tanpa berkoalisi. Meskipun kami tidak menutup diri untuk itu," kata Habib Ali.

Meski membuka diri, kata Habib, dirinya berharap partai yang akan berkoalisi nantinya harus sepemikiran dalam upaya membangun Kota Tegal. Sama, seperti saat Pemilukada 2018 lalu, dimana PKB berkoalisi dengan Nasdem.

Habib Ali menegaskan, partainya akan merangkul semua golongan. Baik itu, NU, Muhammadiyah maupun organisasi lainnya.

"Pada prinsipnya kami ingin ke depan masyarakat bisa mendapatkan layanan dasar dengan maksimal,"tandas Habib Ali.

Untuk diketahui, Habib Ali Zaenal Abidin sebelumnya pernah menjabat Wakil Wali Kota Tegal periode 2009-2014 mendampingi Wali Kota Ikmal Jaya hingga akhir masa jabatan. Kemudian, mencalonkan diri pada Pilkada 2018 bersama Tanty Prasetyaningrum dari Nasdem.

Namun, dari hasil penghitungan suara saat itu, Habib Ali-Tanty memperoleh hanya memperoleh 37.775 suara dan kalah dari pasangan Dedy-Jumadi yang meraih 38.091 suara dengan selisih 316 suara.

Setelah gagal dalam Pilkada 2018 itu, Habib Ali kemudian mengikuti Pileg dsn terpilih hingga akhirnya menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Tegal. Pada Pileg 2019, lalu, KPU menetapkan 30 anggota DPRD periode 2019-2024 yang berasal dari tujuh partai politik yakni PDIP 7 kursi, PKB 6, Golkar 5, PKS 4, Gerindra 3, PAN 3 dan Demokrat 2. (muj/zul)

Baca Juga:

  • Heboh! Ada Jatah Haji untuk Pejabat Kemenag, Anggota DPR, dan Ormas Islam.
  • Diserang Simpatisan Tersangka Pencabulan yang Juga Anak Kiai, Seorang Polisi Terluka.

Berita Terkait

Berita Terbaru