Karangpari-Bantarkawung Brebes Longsor usai Diguyur Hujan Lebat, Rumah Warga Ambruk

BREBES - Hujan deras mengguyur wilayah Brebes selatan tepatnya di Desa Karangpari Kecamatan Bantarkawung, Kamis (16/12). Akibat diguyur hujan deras, bencana longsor terjadi di desa setempat.

Dalam laporannya, Anggota Banser Tanggap Bencana (Bagan) Wasim melaporkan jika sebelum bencana longsor terjadi, di desanya diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Hujan tersebut mengakibatkan tebing setinggi 10 meter dan panjang 12 meter longsor.

"Lokasi kejadian ini tepatnya di RT 01 RW 05 di Desa Karangapari," ujarnya.

Dijelaskannya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, ada beberapa rumah milik warga yang tertimpa material longsor di bagian dapur.

"Longsor ini menimpa ruang dapur rumah milik Bapak Nuryanto dan Bapak Rusdi hingga ruangan dapurnya mengalami kerusakan parah karena ada yang ambruk," jelasnya.

Antisipasi bencana susulan, pihaknya juga menyiapkan lokasi pengungsian sementara jika terjadi hujan deras.

Sementara itu, Kepala BPBD Brebes Nushy Mansyur, Kamis (16/12) sore mengimbau kepada warga untuk tetap mewaspadai jika turun hujan dengan intensitas tinggi. Pasalnya, di daerah tersebut terdapat tebing yang rawan longsor.

"Kami mengimbau pada warga untuk segera mengungsi jika terjadi hujan deras. Karena memang di daerah ini ada tebing yang rawan longsor," singkatnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Ada Pergerakan 20 Pasukan di Luar Kendali Dukung Sambo, Ketua IPW: Brimob Sampai Tak Ingin Bentrok.
  • Satgas UU Cipta Kerja Itikad Bagus Pemerintah, Ganjar: Mudah-mudahan Bisa Menyerap Aspirasi Masyarakat.

Berita Terkait

Berita Terbaru