Kardinah Disiapkan Jadi Rumah Sakit Rujukan Khusus Pasien Covid-19

TEGAL - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal berencana menjadikan Kardinah menjadi rumah sakit khusus yang menangani pasien Covid-19. Sejumlah persiapan pun dilakukan untuk itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Prima Indraswari mengatakan, saat ini pihaknya berencana menjadikan RSUD Kardinah menjadi rumah sakit rujukan khusus pasien Covid-19. Karena memang rumah sakit ini sebagai rujukan di wilayah Jawa Tengah bagian barat.

"Saat ini masih dalam tahap persiapan, di antaranya menambahkan bed isolasi maupun ICU," ujarnya.

Prima mengungkapkan, awalnya kapasitas RSUD sebanyak 30 bed. Namun, terus dilakukan penambahan hingga hari ini mencapai 240 ruang isolasi biasa dan ICU 12 bed.

Menurut Prima, Kardinah saat ini memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup meski tidak semua tenaga kesehatan ditugaskan di bagian isolasi. Nantinya, yang tidak bisa akan dialihkan ke bagian vaksinasi.

"Di ruang isolasi IGD dan ICU, analis akan rekrut relawan. Kemudian dokter kita berdayakan yang ada," jelasnya.

Prima menyebut, saat ini pasien Covid-19 di RSUD Kardinah mayoritas berasal dari luar daerah. Dari 240 bed perawatan, lebih dari separuhnya dihuni dari daerah lain seperti dari Kabupaten Tegal dan Brebes.

"Memang ada sejumlah kendala untuk mempersiapkan sarana dan prasarana di RSUD Kardinah. Salah satunya soal ketersediaan oksigen," tandasnya. (muj/ima)

Baca Juga:

  • Bukan 1, Polisi Akui Terima 3 Laporan Terkait Dugaan Benny K Harman Tampar Pegawai Restoran.
  • Jika Nasdem Bersama Golkar, PAN, PPP, dan PKB Usung Ganjar, Pengamat: Ini Skenario Jegal Anies Baswedan.

Berita Terkait

Berita Terbaru