Kasus Covid-19 Makin Melonjak, Operasi Protokol Kesehatan di Pemalang akan Diperketat

PEMALANG - Pemerintah Kabupaten Pemalang akan kembali menggalakkan operasi penertiban penerapan protokol kesehatan. Hal ini mengingat penularan Covid-19 hingga kini masih terjadi di masyarakat.

Bahkan secara grafik, kasus itu kian melompat. Pada Minggu (9/8) kemarin, jumlah orang yang terkonfirmasi terpapar virus ini dalam sehari mencapai 36 pasien, tanpa penambahan jumlah pasien yang sembuh.

"Mulai minggu ini kami akan perketat operasi penertiban penerapan protokol kesehatan," ujar Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Tutuko, Senin (10/8).

Menurut Tutuko, operasi itu melibatkan petugas gabungan dari Satpol PP dan TNI-Polri. Para petugas akan berkeliling untuk mengingatkan masyarakat agar menggunakan masker, ataupun menjaga jarak sebagai upaya pencegahan penularan virus corona.

Operasi akan menyasar ruang-ruang publik, baik tempat perbelanjaan maupun obyek wisata. Hanya saja, bagi masyarakat yang kedapatan melanggar belum dikenai sanksi khusus, atau masih diberi teguran.

"Sementara bagi pelanggar masih teguran lisan," sambungnya.

Selain operasi, gugus tugas juga terus meningkatkan tracing dan testing. Sampai saat ini lebih dari 4.200 orang menjalani rapid test, dan lebih dari 1.300 orang diambil sampel swab.

Diketahui sebelumnya, jumlah kasus positif Covid-19 di Pemalang saat ini 149 orang. Dari jumlah itu, 61 orang dinyatakan sembuh, 77 masih dirawat, dan 11 orang meninggal dunia. (sul/ima)

Baca Juga:

  • Balas Sindiran KPK, ICW: Ada Pihak yang Mengaku Pejuang Padahal Sejatinya Merupakan Musuh.
  • Bukan PKI yang Harus Ditakuti, Ferdinand Sebut Kelompok Intoleran Radikal, HTI dan ISIS yang Perlu Dilawan.

Berita Terkait

Berita Terbaru