Kasus Hepatitis Akut Belum Ditemukan, Warga Tetap Diminta Dinkes Brebes Waspada

BREBES - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes menyebutkan hingga saat ini pihaknya belum menemukan kasus Hepatitis Akut. Meski begitu, dinkes meminta masyarakat untuk tetap waspada dan tetap menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala Dinkes Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati mengatakan, memang untuk kasus hepatitis akut di Brebes memang belum ditemukan.

"Alhamdulillah di Kabupaten Brebes sampai saat ini belum ada (kasus hepatitis akut, Red). Dan semoga tidak ada," ujarnya, Senin (9/5).

Dijelaskannya, memang kasus hepatitis akut ini penyebarannya masih belum jelas. Karenanya, masyarakat diminta dapat mendeteksi secara dini.

Jika menemukan anak-anak dengan gejala seperti kuning, mual muntah dan diare untuk segera periksa.

"Selain gejala di atas, gejala lain hepatitis akut yakni buang air kecil berwarna teh tua dan demam tinggi," ucapnya.

"Kalau hepatitis yang kita kenalkan dari virus A, B, C, D dan E. Tapi yang saat ini beredar kasusnya sampai saat ini belum jelas penyebabnya," jelasnya.

Meski belum ditemukan kasus hepatitis akut, lanjutnya, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada. Dengan kata lain, masyarakat diminta untuk selalu menerapkan PHBS.

"Kalau untuk gejalanya sendiri itu seperti memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak. Serta buang air kecil berwarna teh tua," ucapnya.

"Karena itu, saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan tetap menerapkan PHBS," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Brigadir Joshua 2 Kali Bertengkar dengan Bripka RR di Magelang dan Jakarta, Sebelum Akhirnya Ditembak Mati.
  • Pistol Glock 17 untuk Tembak Mati Brigadir J Bukan Milik Bharada E, Tapi Milik Ajudan Istri Ferdy Sambo.

Berita Terkait

Berita Terbaru