Kelola Potensi Desa, Lebakwangi Bentuk BUMDes

JATINEGARA - Pemerintah Desa Lebakwangi Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Rencananya, BUMDes itu untuk menggali potensi desa seperti pengelolaan gedung, pertanian, durian dan beberapa potensi lainnya.

Kepala Desa Lebakwangi Hari Wibowo mengatakan, BUMDes ini diberi nama Sumber Barokah. BUMDes dikelola oleh masyarakat. Untuk pengurusnya, dipilih secara voting oleh masyarakat dari unsur Karang Taruna, ketua RT/RW, kelembagaan di desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan ibu-ibu PKK. Pemilihan dilaksanakan di Pendapa Balai Desa Lebakwangi.

"Setelah melalui proses pemilihan, Ahmad Subeni terpilih menjadi ketua BUMDes," katanya.

Kepengurusan BUMDes, tambah Hari, sudah dibentuk supaya segera melaksanakan program kerjanya. Salah satunya, melakukan pengolahan sampah.

Selama ini, warga Lebakwangi selalu kesulitan saat membuang sampah karena tidak ada Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Warga cenderung membakar sampah di lahannya masing-masing.

"Dengan adanya BUMDes ini, maka ke depan kita akan membentuk Bank Sampah," tambahnya.

Luas wilayah Desa Lebakwangi, lanjut Hari, yakni 724,734 hektar. Sedangkan jumlah penduduknya 4.477 jiwa. Diharapkan, BUMDes ini dapat mewujudkan terselenggaranya kesejahteraan masyarakat. Desa juga berencana menggelar festival pasar jajan dan buah durian. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Pemkab Tegal Kecolongan, Ditutup 2017 Ternyata di Eks Lokalisasi Peleman Masih Ada yang Terima Tamu.
  • Terduga Pembunuh Wanita Muda di Peleman Disebut Serahkan Diri ke Polisi.

Berita Terbaru