Kemkominfo Inisiasi Transformasi Digital Pada Panen Raya Petambak Udang di Pemalang

PEMALANG - Sektor maritim merupakan salah satu sektor yang sangat penting dan strategis dalam menopang perekonomian Indonesia.

Guna mendukung program tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan diskusi hasil panen petambak digital di pantai wisata Joko Tingkir desa Nyamplungsari Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, Selasa (16/11).

Koordinator Inisiatif Digital Sektor Strategi I Kementerian Komunikasi dan Informatika Wijayanto mengungkapkan, program panen petambak digital di Pemalang sudah berjalan delapan bulan dengan hasil yang memuaskan.

"Selama delapan bulan ini telah dilakukan pendampingan kepada petambak dan hasil panen cukup menggembirakan. Selanjutnya akan kami evaluasi apa yang masih perlu ditingkatkan," ujar Wijayanto.

Kemkominfo telah merancang beberapa inisiasi digitalisasi pada enam sektor strategis, salah satunya di sektor maritim. Sektor strategis maritim diklasifikasikan ke dalam dua macam proses yaitu perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo yang diwakilkan Sekda Pemalang Mohammad Arifin berharap, penerapan program yang dilaksanakan Kemkominfo dapat memberikan manfaat yang signifikan kepada para petambak.

"Pemkab Pemalang akan selalu mendukung program yang membawa dampak positif bagi sektor perikanan di wilayah Kabupaten Pemalang," tutur Arifin.

Para petambak juga menyatakan kemanfaatan yang besar dari pelaksanaan program Panen Petambak Digital.

Seperti disampaikan Sucipto salah satu petambak udang asal desa Nyampulungsari.

"Terima kasih buat Kemkominfo dan Jala Tech, selain hasilnya semakin bagus, kami juga jadi melek teknologi," ungkapnya.

Menurut pakar perikanan Raynalfie Budhy Rahardjo, VP Impact dari JALA Tech, penggunaan teknologi akan mampu memprediksi dan memantau pH cuaca, dan penyakit dalam air.

"Aplikasi Jala Apps berfungsi sebagai monitoring mulai pembibitan hingga panen, termasuk perawatan dan tindakan yang harus dilakukan serta bisa memfasilitasi penjualan udang dengan harga terbaik," kata Raynalfie. (*/ima)

Baca Juga:

  • Novia Widyasari yang Diduga Bunuh Diri Sudah 2 Kali Dihamili Polisi Pacarnya dan 2 Kali Diaborsi.
  • Prihatin Wali Kota Portal Alun-alun, Warga: Kita Ingin Tak Ada Egoisme dan Arogansi Kekuasaan.

Berita Terbaru