Kereeen... Stadion Persija yang Baru Setara dengan Santiago Bernabeu Milik Real Madrid

JAKARTA - Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS) bakal sejajar dengan Stadion Santiago Bernabeu milik Real Madrid.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PII, Heru Dewanto, bahwa atap Stadion JIS bisa buka tutup. Ia mengapresiasi capaian rangkaian pengangkatan rangka atap JIS yang sudah berhasil.

Menurutnya, hal ini merupakan karya monumental teknik sipil di Indonesia yang menuntut keahlian dan profesionalisme tingkat tinggi.

“Ini momen bersejarah karena JIS termasuk 10 stadion terbesar di dunia, paling tidak menurut Media Daily Mail yang berbasis di Inggris,” ujar Heru, Sabtu (10/7).

Bahkan, menurut Heru, JIS sejajar dengan Stadion Santiago Bernabeu milik klub Ibukota Spanyol Real Madrid lantaran struktur buka tutup atap yang mirip. Menariknya, Santiago Bernabeu juga tengah direnovasi.

Bedanya, pengangkatan atap stadion Santiago Bernabeu, di Madrid hanya seberat 700 ton dan dilakukan secara bertahap.

“Artinya struktur space truss roof JIS yang bisa buka-tutup merupakan terbesar dan terberat di Asia bahkan dunia. Ini heavy lifting menjadi capaian terbaik insinyur Indonesia,” jelasnya.

Stadion JIS ini nantinya akan diproritaskan untuk Persija Jakarta yang kini berlaga di Liga 1. Tak menutup kemungkinan tim nasional Indonesia juga bisa bertanding di sana.

Sementara itu, Marco Motta memutuskan tetap membela Persija Jakarta di tengah ketidakpastian kompetisi akibat pandemi Covid-19. Bek asal Italia itu punya peluang untuk meninggalkan Persija, namun hal tersebut tak dilakukannya.

"Saya mempunyai peluang untuk pergi tetapi saya memutuskan tetap di sini. Saya senang berada di Persija," ujar Motta, dikutip dari laman Persija, Sabtu (10/7).

Motta itu mengaku tersanjung dengan sambutan penggemar dan pengurus Macan Kemayoran sejak pertama kali dia menginjakkan kaki di Indonesia. Bahkan, Motta menilai dukungan tersebut sama sekali tidak berkurang sampai saat ini.

"Jadi tidak pas rasanya saya memutuskan pergi karena fan dan orang-orang di Persija telah menunjukkan kepercayaan juga dukungannya," tutur pria berusia 35 tahun itu.

Eks Juventus itupun berharap pandemi cepat berakhir agar dirinya bisa kembali memperkuat Persija.

"Semoga situasi segera membaik sehingga kita bisa kembali memulai liga dan meraih trofi. Saya memiliki kenangan bagus dengan fan dan semoga saya bisa membalasnya," tukasnya.

Liga 1 Indonesia 2021-2022 rencananya berlangsung pada akhir Agustus 2021 atau sekitar satu bulan setelah PPKM Darurat berakhir. (zul/fin)

Baca Juga:

  • Keren... Lokomotif Tua Buatan Jerman Sudah Diparkir di Taman Pancasila, Bakal Ada Lampu dan Suaranya.
  • Yusril Ihza Mahendra Dinilai Tidak Punya Etika sebagai Salah Satu Ketum, Mengkhianati Demokrasi demi Kepentingan Pribadi.

Berita Terbaru