Keren... Lokomotif Tua Buatan Jerman Sudah Diparkir di Taman Pancasila, Bakal Ada Lampu dan Suaranya

TEGAL - Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya lokomotif tua buatan Jerman sudah berada diparkir di salah satu sudut Taman Pancasila mulai, Senin (27/9) dinihari. Nantinya, lokomotif tua itu akan dilengkapi dengan lampu dan suara mirip kereta api.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Tegal Eko Setiawan mengatakan keberadaan loko tua buatan Jerman itu merupakan bagian dari proses panjang terkait kerjasama untuk pemanfaatan Taman Pancasila. Lokomotif itu, masih tercatat sebagai aset PT KAI, sementara taman milik Pemkot Tegal.

"Komitmen atau kerjasama yang sudah dituangkan dalam berita acara kerjasama adalah penempatan loko di taman Pancasila. Jadi masih tetap milik PT KAI," katanya.

Menurut Eko, keberadaan lokomotif itu merupakan salah satu kelengkapan dari Taman Pancasila. Itu, mengejawantahkan kerjasama Pemkot dengan PT. KAI secara nyata untuk masyarakat.

Eko mengungkapkan, nanti di dalamnya akan akan dilengkapi beberapa komponen instrumen. Sehingga, menjadikannya terkesan masih bisa jalan.

"Jadi nanti biar seolah olah lokomotif ini, masih memiliki jiwa, sebagai loko yang semestinya akan dilengkapi suara dan lampu," ujarnya.

Eko mengungkapkan pemeliharaan loko dilakukan secara bersama. Sebab, ada beberapa komponen yang secara legal merupakan kewenangan PT KAI yang tidak mungkin Pemkot bisa menyediakan.

"Jadi secara riil kita kerjasama untuk pemeliharaan perawatan," tandasnya.

Ditambahkan Eko, untuk proses pembangunan taman sendiri ditargetkan akan selesai pada akhir tahun. Harapannya, pandemi segera berakhir sehingga wahana itu bisa dinikmati masyarakat. (muj/zul)

Baca Juga:

  • Polisi Sederhana dan Jujur, Mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional.
  • Tes SKD Cuma Tujuh Detik, Ternyata CASN Ketahuan Curang Kerjakan soal Pakai Software.

Berita Terkait

Berita Terbaru