Keren! Pilkades di Wangandalem-Brebes Berhadiah Belasan Motor

BREBES - Hari ini (18/5), 43 desa di Kabupaten Brebes melangsungkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang III 2022. Salah satu desa yang melaksanakan pilkades yakni Desa Wangandalem Kecamatan Brebes.

Namun ada yang unik di Pilkades di Desa Wangandalem. Pasalnya, dalam pilkades tersebut ada belasan motor yang akan dibagikan kepada 18 warga di masing-masing Rukun Tetangga (RT) dan satu motor NMX akan diberikan kepada calon kepala desa (cakades) yang kalah.

Dikonfirmasi terkait adanya pemberian doorprize belasan sepeda motor di Pilkades Wangandalem, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes Subagyo mengatakan itu sah-sah saja. Yang terpenting, kata dia, pemberian hadiah tersebut harus netral.

"Kalau pemberiannya untuk menarik minat warga dalam menggunakan hak pilihnya itu sah-sah saja. Yang terpenting, pemberian hadiah ini jangan mempengaruhi warga dalam menggunakan hak pilihnya," ucapnya.

"Dan selagi pemberian hadiah itu tidak membebani di panitia pilkades, saya kira itu tidak ada masalah," lanjutnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya bersama bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sedang melakukan pemantauan pelaksanaan pilkades gelombang III.

"Kita harapkan Pilkades Gelombang III ini bisa berjalan dengan lancar dan aman," ucapnya.

Kerabat donatur pemberi hadiah, Wahyu Ririn Erawati mengatakan, dalam pilkades tersebut pihaknya menyediakan doorprize sepeda motor sebanyak 19 motor.

Motor tersebut akan dibagikan kepada warga (satu pemilih) di tiap RT yang berjumlah 18. Satu unit lainnya akan diberikan kepada cakades yang kalah.

"Pemberian doorprize ini bertujuan mendongkrak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Sehingga, antusiasme warga dalam memberikan hak pilihnya bisa mencapai 100 persen," ujarnya saat ditemui di lokasi pencoblosan.

Informasi yang diterima, jumlah pemilih dalam pilkades ini kurang lebih mencapai empat ribu pemilih. Jumlah tersebut tersebar di 18 RT yang ada di 3 RW.

Dijelaskannya, terkait donatur yang memberikan sponsor secara penuh dalam Semarak Pilkades Wangandalem tersebut tidak lain merupakan putra daerah asli dari desa tersebut namun tetap bersifat netral.

Bahkan, tidak ada unsur intervensi apapun kecuali ingin mendongkrak partisipasi pemilih.

"Selain doorprize utama motor, ada juga hadiah hiburan lainnya. Seperti sepeda, kulkas, kompor gas, hingga kipas angin. Dan yang perlu digarisbawahi, semua hadiah doorprize gratis tanpa dipungut biaya apapun," pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam Pilkades Wangandalem ini diikuti dua cakades. Cakades nomor satu yakni Siswondo dan cakades nomor urut dua yakni Ma'mur Rosidin. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terkait

Berita Terbaru