Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda

BREBES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Kesbangpolda) setempat menggelar sosialisasi pencegahan penyalahgunaan Narkotika, Selasa (2/11). Sosialisasi yang bertemakan Generasi Muda Bebas Narkotika itu dilaksanakan di Aula Kecamatan Tonjong.

Kepala Badan Kesbangpolda Kabupaten Brebes Mochamad Sodiq melalui Kabid Kesatuan Bangsa Sunoto Mardi Siswoyo dalam sambutannya menyebutkan pentingnya menjaga generasi muda dari bahaya narkoba. Karenanya, adanya sosialisasi ini, kata dia, diharapkan dapat menekan penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda.

"Untuk itu, agar terhindar dari bahaya narkoba, generasi muda yang ada diharapkan dapat perhatian dari orang tua," ujarnya.

Dijelaskannya, lewat pendekatan orang tua terhadap anak terkait bahaya narkoba diharapkan generasi muda tidak mudah masuk ke penyalahgunaan narkoba.

"Dengan cara pendekatan memberi tahu ciri-ciri narkoba itu seperti apa, bahaya narkoba itu seperti apa, dirasa sangat penting. Ini tidak lain agar anak-anak kita bisa lebih memahami tentang bahaya ketika orang memakai narkoba," jelasnya.

Nanti ketika narasumber memaparkan materinya, para ibu bisa lebih memahami ciri-ciri dan bahaya narkoba.

Dalam laporan kegiatannya, Kasubbid Ekonomi Sosial Budaya dan Agama Abdul Haris menyebutkan, upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba adalah pendidikan keluarga.

Orang tua, kata dia, diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar selalu menjauhi penyalahgunaan narkoba.

"Keluarga merupakan wadah utama dalam proses sosialisasi anak menuju kepribadian yang dewasa. Keluarga adalah benteng utama yang dapat mencegah anak-anak dari masalah narkoba," ucapnya.

Ditambahkannya, pencegahan penyalahgunaan narkoba seharusnya dimulai dari keluarga. Peran keluarga dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba yaitu lewat pendidikan agama dan akhlak, kasih sayang, rasa aman, bimbingan dan perhatian, selalu ada ketika dibutuhkan.

"Selain itu, keluarga juga harus mengetahui kebutuhan anak-anak, memberikan kebebasan dengan pengawasan aktif dan bijaksana, dan dorongan semangat untuk mencapai prestasi," lanjutnya.

Sementara itu, Camat Tonjong Cecep Aji Suganda menyambut baik adanya kegiatan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkotika ini. Orang tua, kata dia, diharapkan dapat melakukan pendekatan pada anak agar generasi muda tidak terjerumus pada lingkaran narkotika.

"Harapan kita, peserta yang ikut di sini bisa lebih aktif lagi untuk mensosialisasikan pada masyarakat sekitarnya apa itu bahaya narkotika. Dan saya, selaku Camat Tonjong sangat mendukung dengan adanya kegiatan sosialisasi ini. Setidaknya dengan adanya sosialisasi ini bisa meminimalisir tentang penyalahgunaan narkoba," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Novia Widyasari yang Diduga Bunuh Diri Sudah 2 Kali Dihamili Polisi Pacarnya dan 2 Kali Diaborsi.
  • Prihatin Wali Kota Portal Alun-alun, Warga: Kita Ingin Tak Ada Egoisme dan Arogansi Kekuasaan.

Berita Terbaru