Kreator Ventilator Covid-19, Meninggal Dunia Terpapar Corona

BANDUNG - Kreator ventilator portabel untuk memudahkan penanganan pasien COVID-19, dokter Ike Sri Redjeki wafat, Selasa (15/6). Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) berusia 71 tahun tersebut menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, akibat terpapar Corona.

"Almarhumah Dokter Ike Sri Redjeki adalah salah seorang pengajar di Fakultas Kedokteran Unpad. Beliau yang dikenal sebagai pejuang kesehatan yang luar biasa," ujar Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi Dandi, Selasa (15/6).

Almarhumah dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden Kabupaten Karawang, Jawa Barat. "Semoga diampuni semua dosa dan kesalahannya. Diterima seluruh amal baiknya, dan ditempatkan di sisi Allah SWT," imbuhnya.

Dandi menambahkan, almarhumah merupakan dosen kedokteran di bagian klinis. Selain pengajar, almarhumah menjadi salah satu anggota tim yang menciptakan ventilator portabel COVID-19.

Alat ventilator portabel tersebut diberi nama Vent-I. Inovasi tersebut merupakan buah kerja sama antara Universitas Padjadjaran dan Institut Teknologi Bandung, serta Rumah Amal Salman.

Alat bantu pernapasan itu diluncurkan pada Juni 2020. Tujuannya menambah kemampuan fasilitas kesehatan dalam menangani pasien COVID-19. "Ventilator itu diciptakan dengan kelebihan yakni mudah dioperasikan dan terjangkau untuk digunakan," jelasnya.

Semasa hidupnya, dokter Ike berharap inovasinya itu dapat menjadi salah satu solusi pemenuhan ventilator dengan biaya produksi yang rendah. Keberadaan inovasi tersebut juga diharapkan bisa menekan mortalitas akibat Corona. (rh/zul/fin)

Baca Juga:

  • Mahfud Sebut Negara Enggan Minta Bantuan Asing, Luhut: Pemerintah Telah Meminta Bantuan Negara Sahabat.
  • Politisi PDI Perjuangan Kritik Keras soal PPKM, Effendi Simbolon: Presiden Tidak Patuh Konstitusi.

Berita Terbaru