Latihan Perdana Timnas U-16 di Tengah Pandemi, Tempat Makan Pemain Dipisah

Pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti memastikan seluruh personel di skuadnya, termasuk pemain, nonreaktif COVID-19 dan siap menjalani pemusatan latihan (TC) sejak kemarin (6/7) di Bekasi.

Ya, Garuda Muda kembali menjadikan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi sebagai arena pemusatan latihan. TC ini menjadi momentum pertama kalinya anak asuh Bima Sakti latihan di lapangan setelah hampir empat bulan absen karena pandemi Covid-19. Kendati porsi latihan diberikan sesuai aturan adaptasi new normal.

Tim asuhan pelatih Bima Sakti ini menjalani TC di Bekasi hingga 29 Juli 2020 mendatang dan diikuti 26 pemain. Marcell Januar dan kawan-kawan disiapkan mengikuti Piala AFC U-16 2020 yang akan berlangsung 25 November hingga 12 Desember mendatang di Bahrain.

Ya, Indonesia berada berada di grup D bersama Arab Saudi, Tiongkok, dan Jepang. Empat tim semi final ajang ini akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru.

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi dua tahunan tersebut.

"Hari ini kami latihan dengan intensitas agak turun. Hal ini kami lakukan karena pemain sudah lama tidak berlatih di lapangan dan kami hanya melakukan virtual training saat pandemi Covid-19. Intensitas latihan akan kami tingkatkan tiap minggunya," kata Bima Sakti.

”Kendati demikian, adaptasi itu diperlukan karena pemain sudah lama tidak berlatih bersama,” tambahnya.

Bima menambahkan bahwa kondisi semua pemain dan ofisial saat ini sehat semua. Apalagi pada Minggu (5/7) baru saja menjalani rapid test serta dokter PSSI, Syarif Alwi telah memberikan materi panduan protokol kesehatan dan besok pemain dan ofisial menjalani PCR (Swab) Test.

"Adaptasinya kami menjaga jarak saat makan, duduk di dalam bus dan bus dua kali bolak-balik mengakut pemain dan ofisial dari hotel ke stadion begitu juga sebaliknya. Karena kami ingin semua pemain dan ofisial terjaga kesehatannya dan TC berjalan lancar," jelas Bima Sakti.

Mantan pemain Timnas Indonesia era 90-an ini menyatakan bahwa pada bulan Juli ini direncanakan akan menjalani beberapa uji coba lokal maupun internal game saja. Uji coba lokal pun ia akan berkonsultasi dengan dokter tim agar mendapat lawan uji coba yang bebas dari Covid-19 alias harus dilakukan test kesehatan terlebih dahulu.

Sementara itu salah satu pemain Timnas U-16, Marcell Januar Putra mengaku senang dapat kembali berlatih di lapangan bersama rekan-rekannya. Ia pun tidak masalah meski harus menerapkan protokol kesehatan saat menjalani TC.

"Kami akui harus meningkatkan lagi kondisi dan performa kita semua. Pelatih tadi memberikan materi pengingat kembali menu latihan seperti transisi menyerang ke bertahan begitu juga sebaliknya," kata pemain asal Bali United tersebut.

"Bersyukur setelah hampir empat bulan hanya berlatih lewat virtual sekarang berlatih bersama-sama lagi di lapangan. Kondisi kami saat ini sehat dan enjoy mengikuti latihan perdana tadi," kata Marcell Januar.

Ia dan rekan-rekannya pun tak kesulitan dalam proses adaptasi berlatih di lapangan. Apalagi saat ini melalui arahan Ketua Umum PSSI, TC Timnas U-16 berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

"Saya rasa tidak masalah dengan protokol kesehatan seperti ini, karena demi kesehatan bersama. Penting bagi kami juga untuk menjaga kesehatan dan kondisi disaat situasi pandemi Covid-19 saat ini," tambah pemain kelahiran Gresik tersebut.

Marcell Januar yang berposisi sebagai pemain belakang tersebut mengatakan bahwa ia siap berlatih secara maksimal dan berjuang keras demi asa bermain di Piala AFC U-16 2020 mendatang. (fin/zul/tgr)

Baca Juga:

  • Isak Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Korban Kecelakaan Maut di Tol Cipali.
  • Kecelakaan Maut di Tol Cipali Juga Renggut Nyawa Dua Warga asal Brebes.

Berita Terkait

Berita Terbaru