Lewat Operasi Caesar, Tiga Bayi Kembar Lahir Selamat

ADIWERNA - Warga Desa Sumbaga Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal melahirkan 3 bayi kembar dengan selamat.

Tiga bayi ini dilahirkan dari rahim seorang ibu bernama Warniti (36) di RSI PKU Singkil, Adiwerna, Kabupaten Tegal, 19 November 2021 lalu.

Saat ditemui di rumah sakit, Warniti mengaku sangat bersyukur bisa memiliki bayi kembar 3 atau triplet. Jenis kelamin 3 bayi itu yakni, 2 perempuan dan 1 laki-laki. Usia kehamilan saat itu baru 7 bulan. Sehingga proses kelahiran operasi caesar.

Semula, Warniti tidak tahu bakal melahirkan bayi kembar tiga, apalagi sebelumnya tidak pernah mengikuti program kehamilan atau memiliki keturunan kembar. Dia baru tahu setelah periksa di posyandu.

"Akhirnya saya melakukan USG (Ultrasonography) di salah satu rumah sakit. Setelah itu baru tahu kalau di perut saya ada 3 janin. Untuk jeda kelahiran selisihnya sekitar 1 menit. Pertama pukul 08.40 WIB, 08.41 WIB dan 08.42 WIB. Usia kandungan saat itu 28 minggu," katanya.

Ketiga bayi itu, tambah Warniti yang merupakan istri dari Slamet Riyadi menuturkan, ketiga bayi itu merupakan anak ketiga, keempat, dan kelima.

Sedangkan anak pertama saat ini sudah SMP dan yang kedua meninggal dunia saat usia 5 tahun.

"Jadi sekarang saya punya 4 anak," ujarnya.

Perawat Penanggung Jawab Kamar Bayi RSI PKU Singkil Tegal Markhatun mengungkapkan, berat badan bayi saat dilahirkan yang pertama yakni 1,35 kilogram jenis kelamin perempuan. Kemudian, bayi kedua berat badan 1,07 kilogram jenis kelamin perempuan, dan anak ketiga berat badan 1,38 kilogram jenis kelamin laki-laki.

Kondisi ketiga bayi kembar semakin membaik jika dibandingkan saat baru pertama kali dilahirkan. Sebelumnya, ketiga bayi menggunakan alat bantu pernapasan dan saat ini sudah dilepas.

Saat ini bayi sudah bisa menyusu ke ibunya dan sang ibu sudah bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dan sudah bisa diperbolehkan pulang. Kondisinya sejak tanggal 19 November sampai saat ini semakin membaik. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Pemkab Tegal Kecolongan, Ditutup 2017 Ternyata di Eks Lokalisasi Peleman Masih Ada yang Terima Tamu.
  • Terduga Pembunuh Wanita Muda di Peleman Disebut Serahkan Diri ke Polisi.

Berita Terkait

Berita Terbaru