Mandalika Gelar Balapan Seri 2, MotoGP Sudah Bisa Disaksikan Langsung di Indonesia Tahun Depan

JAKARTA - Impian agar balapan MotoGP digelar di Indonesia nampaknya bakal terwujud. Ini setelah MotoGP merilis kalender provisional musim balapan 2022.

Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi menjadi tuan rumah balapan seri kedua pada 20 Maret 2022 mendatang. Gelaran ini dilaksanakan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret 2022.

Dengan panjang lintasan 4,3 km, Sirkuit Mandalika akan mendapat kehormatan sebagai arena tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022. Yakni satu pekan setelah tes pramusim pertama di Sepang, Malaysia.

"Tentu kami menyambut gembira pengumuman resmi terkait pelaksanaan MotoGP di Indonesia. Ini akan mendongkrak sektor pariwisata di Indonesia. Khususnya di Lombok, NTB," kata Direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto, Jumat (8/10).

Persiapan sirkuit saat ini tahap pembangunannya telah mencapai 100 persen. MGPA, lanjutnya, akan terus berbenah diri untuk persiapan pelaksanaan Asia Talent Cup, 12- 14 November nanti dan World Super Bike Seri Indonesia pada 19-21 November mendatang.

"Tentu akan berbenah diri sejak tahun pertama hingga 10 tahun ke depan. Sehingga Pertamina Mandalika International Street Circuit ini akan menjadi sirkuit yang menghadirkan balapan kelas dunia yang membanggakan," papar Happy.

Dorna Sport telah menyiapkan 21 balapan yang menjadi rekor baru, di kalender sementara MotoGP musim depan. Pada 2020 direncanakan 20 balapan. Namun pandemi COVID-19, memaksa penyelenggara memangkas kalender menjadi 14 balapan saja. Semuanya digelar di Eropa. (rh/zul)

Baca Juga:

  • Novia Widyasari yang Diduga Bunuh Diri Sudah 2 Kali Dihamili Polisi Pacarnya dan 2 Kali Diaborsi.
  • Prihatin Wali Kota Portal Alun-alun, Warga: Kita Ingin Tak Ada Egoisme dan Arogansi Kekuasaan.

Berita Terbaru