Islami  

Buka Puasa dengan Kurma, Ternyata Memiliki Segudang Manfaat

manfaat kurma
Foto: tangkapan layar pixabay.com.

radartegalonline РManfaat buka puasa dengan buah kurma ternyata banyak sekali. Kurma merupakan salah satu jenis buah kering yang sangat digemari oleh umat muslim saat bulan puasa.

Selain rasanya yang enak dan manis, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, terutama saat berpuasa.

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk berbuka puasa dengan memakan buah kurma terlebih dahulu, sehingga hukumnya sunnah ketika berbuka puasa dengan kurma.

Berikut beberapa manfaat buka puasa dengan kurma:

Baca Juga: Kolak Pisang Kurma, Resep Hidangan Lezat Penyambut Buka Puasa

Menghemat energi

Kurma adalah sumber energi yang baik karena mengandung karbohidrat dan gula alami yang tinggi. Selama berpuasa, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh dan menghindari kelelahan.

Oleh karena itu, memakan kurma saat sebelum berbuka puasa bisa membantu menjaga energi tubuh dan kadar gula darah.

Membantu pencernaan

Kurma mengandung serat alami yang membantu pencernaan. Selama berpuasa, biasanya terjadi perubahan kebiasaan makan di perut yang dapat mengganggu pencernaan.

Makan kurma saat berbuka puasa memiliki manfaat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mempercepat proses pencernaan.

Menjaga kesehatan jantung

Kurma memiliki kandungan potasium, mineral yang membantu menjaga kesehatan jantung. Serta, kandungan kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, menambah kurma ke dalam menu buka puasa dapat membantu menjaga kesehatan jantung selama bulan puasa.

Mendukung kesehatan otak

Kurma mengandung vitamin B6, yang membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Vitamin B6 juga membantu meningkatkan produksi serotonin, hormon yang dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat kurma selanjtnya, yakni mengandung vitamin A, nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu mencegah masalah penglihatan seperti rabun senja dan degenerasi makula.

Mendukung kesehatan tulang

Kurma mengandung kalsium dan fosfor, dua mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor dapat membantu mencegah pengeroposan tulang dan menjaga kepadatan tulang.

Kurma memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh selama bulan puasa. Makan kurma saat puasa dapat membantu menghemat energi, mempercepat pencernaan, serta menjaga kesehatan jantung, otak, mata, dan tulang.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memasukkan kurma ke dalam menu buka puasa untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Semoga bermanfaat.***

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *