Marak Pencurian Meteran Air PDAM, Pelanggan Diminta Lebih Waspada

TEGAL - PDAM Kota Tegal mengimbau pelanggan untuk mewaspadai aksi pencurian meteran air yang dilaporkan marak terjadi belakangan ini. Imbauan tersebut disampaikan Kepala Bagian Hubungan Langganan PDAM Kota Tegal Uu Purnamasari melalui Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Setiawan, Kamis (6/1).

“Diimbau kepada masyarakat pelanggan untuk berhati-hati, karena sudah banyak laporan meteran air pelanggan hilang dicuri,” kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Setiawan.

Agar meteran air tidak hilang dicuri, Setiawan menyarankan masyarakat pelanggan memberikan pengaman atau pelindung yang tidak mudah dirusak pencuri.

Di samping itu, PDAM selanjutnya ingin memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kualitas air PDAM yang jauh lebih baik dibandingkan dengan air tanah, meski dengan kejernihan yang sama.

Bila diukur dengan total dissolved solid, air PDAM mengandung kadar padatan terlarut yang jauh lebih rendah dibandingan dengan air tanah.

“Sehingga, sangat baik dikonsumsi dan digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selain itu, air PDAM telah melalui uji laboratorium Dinas Kesehatan Kota Tegal dengan hasil semua parameter memenuhi syarat kesehatan. Edukasi lebih lanjut akan dilaksanakan melalui sosialisasi di masing-masing kelurahan, mengenai pentingnya dan manfaat air bersih,” ujar Setiawan.

Sebagai informasi, PDAM sebenarnya hanya bisa melayani 33.000 pelanggan di Kota Tegal jika melihat idle capacity. Namun, sekarang bisa memenuhi pelayanan air bersih untuk 35.600 pelanggan di Kota Bahari.

Termasuk, masyarakat Kecamatan Tegal Timur, yang sebelumnya belum dapat menikmati pelayanan air bersih dari PDAM. PDAM telah mampu mengalirkan air bersih ke wilayah tersebut setelah membenahi sistem distribusi selama dua tahun ini. (nam/zul)

Baca Juga:

  • Ada Pergerakan 20 Pasukan di Luar Kendali Dukung Sambo, Ketua IPW: Brimob Sampai Tak Ingin Bentrok.
  • Satgas UU Cipta Kerja Itikad Bagus Pemerintah, Ganjar: Mudah-mudahan Bisa Menyerap Aspirasi Masyarakat.

Berita Terbaru