Masih Banyak Warga yang Enggan Divaksin, Ingat! Vaksin Covid-19 Nggak Mudah Didapat

JAKARTA - Hingga saat ini, masih ada masyarakat yang belum divaksinasi Covid-19. Alasannya bervariasi. Salah satunya tidak percaya dengan keamanan vaksin.

Masyarakat pun diminta segera mendaftarkan diri. "Seluruh jenis vaksin yang digunakan di Indonesia telah mendapatkan izin penggunaan darurat. Sehingga aman digunakan," ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito di Jakarta, Jumat (5/11).

Dia menegaskan manfaat vaksin mencegah tingkat keparahan gejala dan menekan penularan COVID-19 tak perlu diragukan lagi. Terlebih, pengadaan vaksin COVID-19 bukanlah sesuatu yang mudah.

"Akses terhadap vaksin tidak mudah untuk didapatkan. Sehingga harus sangat dihargai dan dipergunakan secara maksimal," imbuh Wiku.

Menurutnya, publik tidak perlu membanding-bandingan seluruh jenis vaksin. Sebab, semuanya memiliki manfaat serupa. Hingga saat ini, ada 10 jenis vaksin yang tersedia di Indonesia.

Di antaranya Sinovac, Biofarma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, Sputnik V, Janssen, Confidencia dan Zifivax. Semua vaksin itu telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan POM RI. Artinya keamanan dari vaksin telah teruji.

Karena itu, Wiku meminta masyarakat tak lagi meragukan manfaat vaksin dan menghindari pemahaman yang keliru soal vaksinasi COVID-19. Vaksinasi, lanjutnya, menjadi salah satu kunci utama selama masa pandemi Corona. (rh/zul)

Baca Juga:

  • Arteria Dahlan Pernah Protes karena Tidak Dipanggil Yang Terhormat, Netizen: Saking Angkuhnya.
  • Arteria Dahlan Ternyata Lulusan Tanah Sunda, Prof Romli Atmasasmita: Rasa Malumu di Mana?.

Berita Terkait

Berita Terbaru