Masih Dalam Rangkaian Hari Jadi, Ribuan Akseptor KB Ditargetkan Pasang Kontrasepsi

BREBES - Ribuan Akseptor Keluarga Berencana (KB) se Kabupaten Brebes ditargetkan pasang alat kontrasepsi. Ribuan akseptor itu mendapat pelayanan di puskesmas terdekat, tanpa dipungut biaya alias gratis.

Demikian disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti di sela meninjau pelaksanaan pelayanan KB Gratis di Puskesmas Wanasari, Kemurang Kulon dan Bojongsari.

Idza menjelaskan, tidak dipungkiri Kabupaten Brebes memiliki jumlah penduduk terbanyak se Jawa Tengah. Untuk itu, perlu digenjot pelayanan Keluarga Berencana guna menekan lonjakan jumlah penduduk.

“Yang sudah ikut KB saya ucapkan terima kasih, dan ayo ajak yang lain agar ikut KB,” ajak Idza.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3KB) Brebes Rini Puji Astuti menjelaskan, pelayanan KB berlangsung 10-27 Januari 2022.

Diprediksi, peserta akseptor bakal melebihi target terbukti dengan membludaknya peserta saat digelar pelayanan di tiga puskesmas yang dikunjungi bupati.

"Dari data permintaan di 17 kecamatan terjadi Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) sebanyak 1.434 Aseptor. Rinciannya, sebanyak 1.251 Aseptor Implan, 131 Aseptor IUD, 52 Aseptor MOW, dan 7 Aseptor MOP," ujarnya.

“Jumlah tersebut belum final, bisa saja akan lebih banyak lagi mengingat pelaksanaan pelayanan KB Gratis belum selesai," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, bupati juga memberikan uang transport kepada Kader Penggerak KB yang sudah berupaya semaksimal mungkin mengajak dan mengantar masyarakat dalam pelayanan KB gratis. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Heboh! Ada Jatah Haji untuk Pejabat Kemenag, Anggota DPR, dan Ormas Islam.
  • Diserang Simpatisan Tersangka Pencabulan yang Juga Anak Kiai, Seorang Polisi Terluka.

Berita Terkait

Berita Terbaru