Masih Semrawut, Taman Gumelem Pemalang Ditata Ulang

PEMALANG - Kawasan Taman Gumelem Kabupaten Pemalang ditata ulang. Penataan kali ini lebih berfokus pada keberadaan pedagang kaki lima, tempat parkir, serta pembatasan pengunjung mengingat saat ini masih pandemi.

Diketahui, Taman Gumelem yang berada di Jalan Riyadi, langsung memikat warga begitu dibuka untuk umum. Ratusan pedagang kaki lima pun mulai berjualan di atas pedestarian yang mestinya digunakan untuk pejalan kaki.

Plt Kepala Disperkim Pemalang Supriyanto mengutarakan, secara resmi Taman Gumelem belum diserahkan ke pemkab sampai Juli 2022. Saat ini masih dikelola Balai Prasarana Permukiman Jateng Kementerian PU-PR.

Taman tersebut semula dibangun untuk mengentaskan kawasan kumuh menjadi areal taman terbuka hijau. Namun rupanya disambut antusias oleh masyarakat.

"Ternyata masyarakat sangat antusias ingin berkunjung, secara otomatis juga meningkatkan perekonomian warga sekitar," ujar Supriyanto kepada radartegal.com, usai rapat penataan ulang kawasan Taman Gumelem bersama OPD terkait, Selasa (19/10) siang.

Dari pantauan di lokasi, keramaian Taman Gumelem semakin membludak terutama saat akhir pekan. Jalan menuju taman dipadati pengunjung. Ditambah lagi penuhnya bahu jalan yang digunakan untuk parkir sepeda motor.

Untuk mengantisipasi tumpahnya pengunjung, beberapa akses jalan ke areal taman kini ditutup dan hanya dibuka untuk satu kendaraan saja dengan pengawasan ketat petugas. Selain itu, mulai malam ini, lampu dipadamkan dari pukul 18.00 hingga 22.00.

Sedangkan untuk penataan pedagang kaki lima dan tempat parkir, nantinya akan dibuatkan areal khusus yang sudah disediakan. (sul/ima)

Baca Juga:

  • Kota Tegal Sebentar Lagi Akan Punya Floating Market seperti Bandung di Kali Siwatu.
  • Bubarkan Paksa Massa, Aksi 212 Teriakkan Brimob Zalim!.

Berita Terkait

Berita Terbaru