Mau Balik ke Jakarta? Pemudik Harus Tunjukkan Surat Bebas Covid-19 Baru Boleh Masuk

JAKARTA - Pemudik yang akan kembali ke Jabodetabek usai berlebaran di kampung halamannya harus siap-siap. Mereka yang utamanya hendak masuk ke Jakarta tak bisa sembarangan dan harus memenuhi persyaratan otoritas berwenang.

Polisi bahkan sudah menyiagakan personelnya di titi-titik pemeriksaan menuju Jakarta, baik di jalur arteri maupun tol. Polda Metro Jaya mengingatkan para pemudik yang akan kembali ke Jakarta wajib mengantongi surat bebas Covid-19.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, surat bebas Covid-19 akan diperiksa petugas di titik-titik pemeriksaan yang sudah ditentukan mulai, Minggu (16/5) besok.

"Warga Jakarta yang mudik yang akan masuk ke Jakarta diwajibkan membawa surat antigen bebas Covid-19 dari daerah mereka mudik, (kemudian) diperlihatkan surat bebas Covid-19 (itu) di titik pemeriksaan," kata Yusri Yunus di Jakarta, Jumat (14/5).

Polda Metro Jaya akan mendirikan pos pemeriksan di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan di Pos Cikupa. Untuk ruas jalan arteri, pemeriksaan surat bebas Covid-19 akan dilakukan di Jatiuwung serta Kedungwaringin.

"Teknisnya semua kita lakukan pemeriksaan bahwa semua pengendara wajib memperlihatkan surat bebas Covid-19," kata mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat itu.

Yusri mengimbau kepada pemudik untuk lebih dulu melakukan tes usap (swab test) antigen sebelum kembali ke Jakarta untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan.

Polda Metro Juga akan menyiapkan layanan tes usap antigen bagi kendaraan yang hendak masuk ke Jakarta, namun tidak membawa surat bebas Covid-19.

"Kalau tidak ada kami akan buka drive thru dan random sampling untuk swab antigen, tetapi untuk lebih memudahkan supaya tidak terhambat di jalan, tidak terjadi kemacetan sebelum berangkat, sebaiknya dilakukan swab antigen," katanya sebagaimana yang dikutip dari antara.

Polda Metro Jaya pada Jumat (14/5) malam mengakhiri penyekatan mudik Lebaran 2021 atau Idulfitri yang digelar sebagai tindak lanjut kebijakan larangan mudik dari pemerintah.

Ditlantas Polda Metro Jaya juga kembali membuka jalan layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek pada tengah malam ini. Kepolisian menutup jalan layang tersebut sejak 6 Mei lalu sebagai bagian dari Operasi Ketupat Jaya 2021 yang fokusnya adalah penyekatan mudik dengan menutup akses keluar dan masuk Jabotabek.

Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta telah menggelar kegiatan penyekatan mudik lewat Operasi Ketupat Jaya 2021. Operasi yang sejatinya digelar pada 6-17 Mei 2021 tersebut adalah tindak lanjut dari kebijakan pemerintah pusat yang melarang masyarakat untuk pulang ke kampung halaman demi menekan penyebaran Covid-19. (ant/zul)

Baca Juga:

  • Iwan Sumule Sebut Rezim Sontoloyo ke Jokowi yang Janjikan Ekonomi Meroket Tapi Sembako Mau Dipajakin.
  • Prof IDI Usul Lockdown Lagi, Netizen: Tak Akan Terjadi, karena Presiden Jokowi Alergi Istilah Itu.

Berita Terkait

Berita Terbaru