Menjelang Akhir Tahun, Harga Cabai Makin Pedas!

DUKUHTURI - Harga komoditas pangan di sejumlah pasar di Kabupaten Tegal mengalami kenaikan menjelang akhir tahun. Kenaikan itu dipicu faktor peralihan musim serta perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Salah satu pedagang Pasar Pepedan Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Saripah (42) mengatakan, harga cabai merah saat ini Rp35 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya harga komoditas tersebut hanya Rp20 ribu per kilogram.

Kenaikan serupa juga dialami cabai rawit merah atau rawit warna, yang semula Rp20 ribu kini mencapai Rp30 ribu per kilogram.

"Sudah hampir satu bulan harga dua komoditas ini naik secara bertahap. Informasi yang saya dapat karena musim penghujan, jadi pasokan dari para petani berkurang," katanya.

Akibat kenaikan harga tersebut, tambah Saripah, tidak sedikit para konsumen yang terpaksa mengurangi jumlah pembelian. Kendati harganya tinggi, bahan baku cabai masih mudah didapat di pasaran. Biasanya, dia mendapat pasokan dari Pasar Banjaran Kabupaten Tegal dan Brebes.

"Untuk bahan baku masih aman, tapi harganya memang tinggi dan rata-rata konsumen saya hampir separuh mengurangi jumlah pembelian," tambahnya.

Meski demikian, terdapat komoditas pangan yang mengalami penurunan harga menjelang akhir tahun ini. Seperti bawang merah yang semula dijual Rp20 ribu per kilogram, kini terjun bebas menjadi Rp10 ribu.

Sementara itu, Samikha (60) salah seorang pedagang lesehan terpaksa mengurangi jumlah pembelian cabai untuk dijadikan sambal. Kini, dirinya hanya mampu membeli dua kilogram cabai per hari, dari yang biasanya 4-5 kilogram. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Pemkab Tegal Kecolongan, Ditutup 2017 Ternyata di Eks Lokalisasi Peleman Masih Ada yang Terima Tamu.
  • Terduga Pembunuh Wanita Muda di Peleman Disebut Serahkan Diri ke Polisi.

Berita Terkait

Berita Terbaru