Minta Liga 1 dan 2 Diizinkan Bergulir, dr. Tirta: Masyarakat Butuh Hiburan, dan Hiburan Itu Bisa Jadi Imun

JAKARTA - Dukungan agar Liga 1 dan Liga 2 tetap berjalan di tengah pandemi datang daru dr. Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab disapa Dokter Tirta.

Ia yang juga influencer terkait pandemi, berharap kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 bisa segera digulirkan. Sebelumnya, kompetisi digelar pada 9 Juli tapi ditunda karena angka pandemi yang masih tinggi.

“Pertimbangannya sederhana. Saat ini psikis masyarakat itu terganggu. Tidak dalam situasi yang ideal, karena beragam berita tentang pandemi Covid-19 yang berlebihan. Masyarakat butuh hiburan. Dan, hiburan itu bisa menjadi imun agar tubuh sehat. Siaran pertandingan sepak bola itu adalah hiburan,” urai dr. Tirta, Rabu (14/7).

Ia juga memahami adanya kluster baru dari sepak bola jika kompetisi digulirkan. Namun, ia mengingatkan bahwa pada Piala Menpora 2021, pertandingan tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Apalagi, pesepak bola sudah di swab dan juga vaksin. Maka, dr Tirta berharap pemerintah bisa mengizinkan gelaran sepak bola kembali bergulir sebagai sarana hiburan masyarakat di tengah pandemi.

“Memang ada sedikit masalah soal disiplin suporter usai perhelatan final Piala Menpora 2021 lalu. Tinggal fokusnya saat ini bagaimana PSSI dan LIB (PT Liga Indonesia Baru) bisa memastikan kepada publik bahwa suporter atau penonton tidak datang ke stadion atau berkerumun. Harus ada aturan tegas. Jika tetap ada suporter yang datang, klub akan mendapatkan hukuman berat.” tukasnya.

Sementara itu Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio hanya bisa menunggu kepastian kick-off Liga 1 2021/2022 karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali.

Belum redanya pandemi, khususnya di Jakarta, membuat pemerintah pusat berencana memperpanjang masa PPKM Darurat.

Hal ini membuat Persija belum memiliki kepastian kapan bisa menjalani latihan kembali. Alessio jelas tak bisa berbuat banyak dengan situasi saat ini.

“Sekarang kami sedang dalam kondisi lockdown (PPKM) total. Kompetisi sudah ditunda, dan kami tidak bisa latihan sampai 20 Juli. Untuk saat ini, kami tidak tahu apakah lockdown ini diperpanjang atau tidak,” kata Alessio dari laman JMania.

Situasi ini membuat Alessio pasrah dan bersiap jika sewaktu-waktu latihan dimulai kembali. Ia ditargetkan manajemen untuk membawa Persija juara.

“Apa yang diharapkan Persija dari saya? Tim ini sudah bagus, walaupun masih ada beberapa kekurangan. Manajemen telah meyakini saya untuk memenuhi keinginan saya menambal kelemahan di tim,” ucap Alessio.

“Kami ingin menjadi juara. Saya diharapkan bisa membawa tim meraih gelar juara, dan sekaligus membuktikan kemampuan saya di Indonesia," tukas mantan asisten Antiono Conte itu. (pa/zul/fin)

Baca Juga:

  • Setelah Mati Tertembak, Empat Tubuh Pencuri Digantung di Alun-alun oleh Taliban.
  • TNI Dituding Disusupi Komunis oleh Gatot Nurmantyo, Panglima TNI: Saya Tidak Mau Berpolemik.

Berita Terkait

Berita Terbaru