Minyak Goreng Murah Rp14 Ribu Per Liter Ada Lagi, Warga Setiap Hari Boleh Beli 10 Liter Pakai KTP

JAKARTA - Pemerintah seperti yang disebutkan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan memastikan akan meluncurkan minyak goreng dengan harga murah. Menurut Mendag yang akrab disapa Zulhas, merek minyak curah kemasan sederhana yang akan diluncurkan itu adalah Minyak Kita.

Minyak Kita nantinya, ungkap Zulhas, akan dikemas dan dijual Rp14 ribu per liternya di minimarket dan toko ritel lainnya. “Satu minggu kami kasih waktu akan ada Minyak Kita,” ujar Zulhas di Klender, Jakarta Timur, Rabu (22/6).

Saat ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) sedang mengurus proses izin edarnya di BPOM. Zulhas meyakini minyak goreng curah seharga Rp14 ribu itu akan melimpah di mana-mana.

"Izin edar minyak KITA sebagai minyak curah kemasan sederhana sedang kita matangkan. Jika sudah dikemas pasarnya lebih luas, bisa masuk ke supermarket-supermarket," katanya.

Zulhas menggaransi minyak goreng curah kemasan sederhana Minyak KITA ini tidak akan dijual lebih dari Rp14 ribu, meski terdapat biaya pengemasan. Nantinya, masyarakat akan dibatasi pembeliannya maksimal 10 liter per hari, dengan menunjukkan KTP.

Sekadar diketahui, usai dilantik menggantikan Muhammad Lutfi, Zulhas langsung tancap gas membahas soal persoalan minyak goreng. Bahkan Zulhas mengatakan tidak ada campur tangan mafia dalam persoalan harga minyak goreng.

Zulhas pun mencoba berikan pandangannya soal permasalahan minyak goreng di Indonesia. Hal itu disampaikannya sebelum sidang kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta.

"Saya kira tidak mafia. Ini kan ada kenaikan harga booming. teman-teman punya CPO langsung jual cepat. Nah ada keterlambatan kita antisipasi," ujar Zulkifli Hasan, Senin (20/6).

Menurut Zulhas, keterlambatan antisipasi ini kemudian berefek terhadap tingginya harga minyak goreng di pasaran. Ketum PAN itu juga menjanjikan dalam dua bulan ke depan harga minyak goreng dapat normal lagi.

"Mengapa minyak di pasar itu malah saya sudah tahu sebabnya, sudah kita perbaiki, sudah ada jalan keluar. Sebulan, dua bulan beres Insya Allah," ungkap Zulhas. (dis/zul)

Baca Juga:

  • Dilengserkan dari Presiden ACT, Ahyudin Diduga Dirikan Lembaga Donasi Baru GMC.
  • Jadi Polemik, Ustaz Ahong Bilang ACT Sudah Lama Terindikasi Danai Aksi Terorisme di Suriah.

Berita Terkait

Berita Terbaru