Mulai Akhir Tahun Depan, Bayar Tol Tak Perlu Berhenti dan Gesek Kartu Cukup Pakai HP

JAKARTA - Kementerian PUPR memastikan penerapan Sistem Transaksi Tol Non Tunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) akan mulai diberlakukan akhir 2022 mendatang.

Untuk pelaksanaan tahap awal, nantinya bakal ada 40 ruas tol di Pulau Jawa dan Bali yang akan mengadopsi teknologi MLFF.

"Sistem ini (MLFF) ditargetkan siap diterapkan pada akhir tahun 2022 di 40 ruas tol di Pulau Jawa dan Bali," jelasnya lewat akun Instagram @kemenpupr dikutip, Rabu (24/11).

PUPR menjelaskan, sistem MLFF merupakan inovasi sistem pembayaran nontunai nirsentuh yang menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, serta kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran jalan tol.

MLFF menerapkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) pada aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Selanjutnya, GPS akan menentukan lokasi yang ditentukan satelit dan dilakukan proses map-matching. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

"Dengan sistem ini, nantinya pengendara tidak perlu berhenti di gerbang tol, sehingga dapat mempersingkat waktu tempuh," pungkasnya. (der/zul)

Baca Juga:

  • Kota Tegal Sebentar Lagi Akan Punya Floating Market seperti Bandung di Kali Siwatu.
  • Bubarkan Paksa Massa, Aksi 212 Teriakkan Brimob Zalim!.

Berita Terkait

Berita Terbaru