Mulai Jarang Terdengar, Grup Kasidah Nasida Ria Malah Tampil Memukau di Jerman

KASSEL - Nasida Ria, grup kasidah legendaris asal Semarang, Jawa Tengah, sudah lama tidak terdengar kabarnya, utamanya di blantika musik Indonesia. Padahal, Nasida Ria pernah menjadi kebanggaan para penggemar musik kasidah di Tanah Air.

Bahkan hingga kini lagu-lagunya masih sering diputar pada acara-acara keagamaan Islam dan hajatan. Siapa sangka tiba-tiba grup musik religi yang dibentuk di tahun 1975 itu, justru malah memukau saat tampil di Opening Week Music Program Documenta Fifteen di Kassel, Jerman, Sabtu (18/6) lalu.

Tanpa banyak digembar-gemborkan di Tanah Air, penampilan Nasida Ria di Jerman itu bahkan untuk kali ketiga. Penampilan grup malang melintang di era 80-90-an itu diunggah meelalui media sosial Instagram @nasidahriasemarang.

Tampak dalam tayangan video keseruan suasana di Jerman saat giliran Nasida Ria tampil membawakan sejumlah lagu. Terlihat dari raut wajah penonton di sana yang merasa asing, tapi tetap ikut menikmati alunan musiknya.

Beberapa lagu yang pernah ngetren di eranya seperti Kota Santri, Dunia Dalam Berita, Perdamaian, Bila Bom Nuklir di Diledakkan, dan sejumlah lagu kasidah andalan lainnya dibawakan Nasida Ria.

Para personel Nasida Ria tampak anggun saat tampil dengan mengenakan kostum busana paduan warna hitam dan kuning. Penonton tampak sangat antusias menyaksikan penampilannya.

Bahkan tampak sejumlah penonton yang berjoget mengikuti alunan musik yang dibawakan Nasida Ria. “Nasida Ria! Nasida Ria! Nasida Ria!” seru para penonton.

Pembukaan Documenta Fifteen juga menampilkan Rizan Said, Blacksistarz, Turkana, Adama Keita, Oomleo Berkaraoke, DJ Bernd Kuchinke, dan Dangerdope. Penampilan Nasida Ria di Jerman langsung diapresiasi Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. (zul/rtc)

Baca Juga:

  • Heboh! Ada Jatah Haji untuk Pejabat Kemenag, Anggota DPR, dan Ormas Islam.
  • Diserang Simpatisan Tersangka Pencabulan yang Juga Anak Kiai, Seorang Polisi Terluka.

Berita Terbaru