Naik Andong di Desa Candirejo, Sandiaga Uno: Desa Wisata Simbol Kebangkitan Nasional

MAGELANG - Desa Candirejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang merupakan desa wisata unggulan kebanggaan Jawa Tengah. Desa ini menjadi salah satu dari 16 desa terpilih yang menerima sertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf).

Candirejo juga dinobatkan sebagai desa wisata pertama dari Kabupaten Magelang yang tersertifikasi. Karenanya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno bertandang ke Desa Candirejo guna memimpin langsung sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia(ADWI) 2021, Jumat (4/6) lalu.

Program ini merupakan upaya pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakan oleh Kemenparekraf. Sandiaga mengatakan dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”. ADWI 2021 diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Menurutnya, Desa Wisata Candirejo layak didaftarkan ADWI 2021. Sesuai dengan namanya, Candirejo berarti tanah penuh dengan batu namun tetap subur, sehingga menghasil kerajinan tangan dari batu alam (ulekann, cobek, stupa hiasan).

Candirejo dikenal juga sebagai simbol budaya jawa, mengunggulkan atraksi budaya seni tari jatilan, seni musik gamelan, hingga olahan kuliner berbahan dasar tempe yang sedang diusulkan menjadi warisan budaya dunia ke UNESCO.

"Dengan adanya kegiatan Sosialisasi Desa Wisata ini, kami ingin memberikan arahan kepada desa-desa wisata di Indonesia dari segi digitalisasi maupun dari segi protokol kesehatan, dengan kehadiran acara desa wisata ini kami banyak mencatat beberapa kategori yang dapat kita tingkatkan agar persiapan kebangkitan ekonomi nasional dapat kita hadirkan melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini," katanya.

Rangkaian Sosialisi acara ADWI 2021 sudah dimulai pada tanggal 22 Mei 2021 sampai dengan tanggal 25 Juni 2021. Desa Candirejo, Magelang menjadi destinasi ke-5 yang dikunjungi Sandiaga Uno setelah Desa Wisata Pujon Kulon Malang, Desa Mas Ubud Bali, Desa Wisata Cisarua Bogor dan Desa Wisata Cibuntu Kuningan.

"Dengan adanya Desa Wisata ini, kami ingin mendapatkan kebijakan yang berkeadilan kenapa karena selama ini belum ada keterlibatan sampai masyarakat bawah, kebijakan yang bisa memberikan bantuan kepada masyarakat bawah," tambah Sandiaga.

Guna menggaungkan keindahan Desa Candirejo, Kemenparekraf menggandeng para content creator atau youtuber. "Para content creator bisa mengajak masyarakat luas mulai mengapresiasi Desa Wisata sebagai simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional. Jadi daftarkan Desa Wisata kalian di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021," tambah Sandiaga.

Sosialisasi ADWI 2021 di Desa Candirejo dilakukan langsung Sandiaga Uno bersama Ananda Omesh (Omesh) selaku public fFigure serta Mitty Zasia seorang penyayi dan youtuber yang mengawali karier dengan membawakan ulang lagu-lagu hits nasional maupun Internasional yang mengeksplore keindahan alam dalam setiap video cover lagu yang dibuatnya. Karyanya berhasil ditonton lebih dari 8 juta kali.

ADWI 2021 mengusung tujuh kategori penilaian bagi desa wisata pendaftar, diantaranya CHSE, Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay dan Toilet.

Di mana kategori tersebut diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Tanah Air. (*/zul)

Baca Juga:

  • Laksamana Enam Bulan.
  • Bed Pasien Covid-19 di RSI Penuh, Dua Rumah Sakit Lainnya Tersisa Sedikit.

Berita Terkait

Berita Terbaru