Nekat, 29 Sekolah di Wilayah Level 3 dan 4 Dilaporkan Gelar Tatap Muka

JAKARTA - Sebanyak 29 sekolah dilaporkan menggelar pembelajaran tatap muka selama Juli 2021. Puluhan sekolah tersebut diketahui berada di wilayah PPKM level 3 dan 4.

Hal itu diungkapkan oleh relawan pemerhati pandemi Corona, LaporCovid-19. Laporan tersebut berasal dari 12 wilayah PPKM level 4.

Kemudian, satu wilayah yang berada di PPKM level 3. Intensitas laporan kian meningkat di akhir Juli bertepatan tahun ajaran baru.

"Pada minggu keempat bulan Juli 2021 laporannya paling banyak. Meski ada pembatasan, namun banyak sekolah yang menerapkan pembelajaran tatap muka. Padahal wilayah yang masuk level 3 dan 4 seharusnya secara online," kata relawan LaporCovid-19, Diah Dwi Putri dalam keterangan yang disiarkan di Youtube, Minggu (1/8).

Dari 29 laporan tersebut, 17 persen di antaranya menjadi kluster Corona. Kemudian, 52 persen melaporkan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan COVID-19.

Lainnya khawatir atas kesehatan anaknya usai menjalani pembelajaran tatap muka. LaporCovid-19 memberikan rekomendasi terhadap Kemendikbud-Ristek dan pemerintah daerah.

"Mendesak pemerintah membuka sekolah setelah positivity rate di Indonesia turun di angka 5 persen," imbuhnya.

Selain itu, pemerintah daerah harus memperketat pengawasan terhadap sekolah. Bila perlu memberikan sanksi tegas terhadap pelanggar ketentuan PPKM. (rh/zul/fin)

Baca Juga:

  • Polisi Sederhana dan Jujur, Mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional.
  • Tes SKD Cuma Tujuh Detik, Ternyata CASN Ketahuan Curang Kerjakan soal Pakai Software.

Berita Terkait

Berita Terbaru