Orang Tua Siswa Positif Covid-19, 35 Murid dan Guru SMPN 7 Tegal Diswab

JAKARTA - 35 siswa dan guru dari SMP Negeri 7 Kota Tegal menjalani pengambilan swab yang dilakukan tenaga medis Puskesmas Tegal Selatan, Sabtu (19/9) pagi. Swab dilakukan menyusul adanya orang tua salah seorang kelas IX yang dinyatakan positif covid-19.

Petugas dari Puskesmas Tegal Selatan Eti mengatakan swab dilakukan terhadap 35 orang yang terdiri dari 14 siswa dan 21 guru. Mereka sebelumnya melakukan kontak dengan salah seorang siswa yang orang tuanya positif covid-19.

"Asalnya dari orang tua yang terkonfirmasi dan anaknya sekolah di sini. Kebetulan kemarin berangkat, sehingga kita tracing," katanya.

Menurut Eti, karena sekolah memberlakukan sistem masuk nomor absen ganjil genap, tidak semua siswa dan guru di swab. Hanya, mereka yang berinteraksi dengan siswa yang orang tuanya positif.

Kepala SMP Negeri 7 Ries Murdiani mengatakan setelah mengetahui adanya orang tua siswa yang positif covid-19, sekolahnya kemudian berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes). Selanjutnya, sekolah bersinergi dengan Puskesmas Tegal Selatan, sehingga segera melakukan test swab.

"Kalau siswanya tidak ada yang positif. Ini dari orang tua, kemudian kita berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan," jelasnya.

Menurut Ries, langkah selanjutnya sekolah akan memberlakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan sistem daring. Kebijakan ini diambil sesuai dengan petunjuk dari Dinas Pendidikan, mengingat situasi perkembangan covid-19 yang kembali meningkat. (muj/zul)

Baca Juga:

  • Kerap Lontarkan Narasi Tendensius, Sekjen PBNU: Gus Nur Gak Kapok Hina NU.
  • Tak Diajak Bahas UU Ciptaker, Presiden Jokowi Singkirkan NU? Said Aqil Bilang Begini.

Berita Terbaru