PAI Sudah Dilengkapi Jet Ski, Giliran Sungai Siwatu Akan Dijadikan Floating Marketnya Tegal

TEGAL - Pecinta olahraga air harus berkunjung ke Pantai Alam Indah. Karena akan ada kejutan baru di Obyek Wisata andalan Kota Tegal itu. Yakni wahana Water Sport seperti Jetski, Banana Boat, Ufo Boat hingga Parasailing.

Fasilitas itu, sengaja disajikan Pemerintah Kota Tegal. Tujuannya mendongkrak dan mempromosikan potensi wisata pantai. Apalagi OW PAI menjadi destinasi andalan. Khususnya, menggenjot Pendapatan Asli Daerah dari sektor retribusi.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono merealisasikan komitmen itu, Minggu kemarin. Dia mengundang komunitas Jetski SeaDoo dari Semarang. Termasuk komunitas Paralayang Indonesia dari Jakarta.

"Didampingi Forkompinda, kami mencoba wahana Water Sport. Sekaligus ikut memeriahkan Hari Bhayangkara ke-74," ungkap wali kota nyentrik itu.

Menurutnya, penambahan fasilitas wahana Water Sport di OW PAI. Diharapkan lebih mengoptimalkan promosi wisata dengan kearifan lokal. Termasuk komitmen melengkapi semua fasilitas, sarana dan prasarana penunjangnya. Karena sektor wisata punya potensi besar mendatangkan pengunjung dari berbagai daerah.

"Yang jelas wahana Water Sport di PAI ini jadi inovasi baru. Khususnya menarik minat wisatawan untuk datang ke Kota Tegal," terangnya.

Tidak hanya fasilitas itu, kata Dedy, OW PAI juga akan dibangun Song Of The Sea. Rencananya, wahana tersebut dibangun dengan memanfaatkan lahan Water Boom yang sudah ada. Kemudian, sejumlah tempat wisata juga akan dibangun. Seperti Kali Siwatu dengan floating marketnya di Kelurahan Tegalsari.

"Potensi Karang Jeruk juga disiapkan untuk spot menyelam. Agar wisatawan bisa menikmati sensasi keindahan karang laut. Apalagi memberi makan ikan saat sore hari," ujarnya.

Dedy Yon mengatakan, anggaran pembangunan destinasi wisata bersumber dari APBD Kota Tegal. Namun, dibantu usulan anggaran dari Pemerintah Provinsi maupun pusat.

Ia berharap, penambahan destinasi wisata baru bisa menarik minat pengunjung luar daerah. Sehingga, sektor wisata dengan inovasi penambahan permainan baru bisa mendatangkan banyak wisatawan.

"Kalau wisatanya terkenal, otomatis terjadi multi player efek. Hotel jadi ramai, rumah makan dan pusat perbelanjaan makin laris. Ke depannya Kota Tegal bisa jadi tuan rumah berbagai even nasional," katanya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Cucuk Daryanto didampingi Kabid Pariwisata Abdan Harimurti menyampaikan, rencananya kawasan OW PAI juga akan dilengkapi dermaga apung. Target pembangunannya diusulkan tahun ini.

"Untuk wahana Water Sport baru akan dibuka untuk umum Agustus mendatang," jelasnya.

Sementara itu, Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri menambahkan, potensi wisata pantai di Kota Tegal cukup bagus. Apalagi jika dikembangkan dengan berbagai kearifan lokalnya. Mulai dari Spot snorkling di Karang Jeruk sampai Water Sport.

"Justru aku takjub, ternyata Kota Tegal punya destinasi wisata bagus. Selain naik jetski, ada spot snorkling dan menyelam bagus," ucap dara asal Semarang sekaligus Duta SeaDoo Jetski Indonesia tersebut.

Tidak hanya promosi wisata, kata Anindya, ia juga mengkampanyekan pelestarian alam. Bahkan mengajak masyarakat dan semua wisatawan agar tidak merusak lingkungan. Pun tidak membuang sampah sembarangan saat berwisata pantai.

"Pesenku untuk teman-teman semua. Tetap jaga kelestarian alam. Jangan buang sampah sembarangan. Dilarang injak karang saat berwisata di Karang Jeruk," tandasnya. (syf/wan/zul)

Baca Juga:

  • Diduga Pelaku Bukan Orang Profesional, Luka Editor Metro TV Tidak Teratur.
  • Usulan RUU HIP Diganti PIP, Munarman FPI: Enggak Usah Pura-pura (Bersikap) Pancasila.

Berita Terbaru