oleh

Sidak Swalayan, Pemkot Tegal Temukan Kemasan Makanan Seperti Ini

TEGAL – Tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, Pemkot Tegal menggelar sidak makanan dan minuman (mamin) di sejumlah swalayan pada Rabu (20/5) sore. Hasilnya, ditemukan sejumlah kemasan makanan dalam keadaan rusak.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono usai sidak mengatakan, kegiatan dilaksanakan dengan menyisir sejumlah pasar swalayan yang ada. Adapun sasarannya yakni mamin yang kedaluwarsa dan mengandung bahan pengawet yang berbahaya.

“Sore ini kita tadi menyisir sejumlah pasar swalayan. Sasarannya makanan dan minuman kemasan,” katanya.

Menurut Dedy, dari sidak yang dilakukan pihaknya tidak ditemukan adanya makanan yang mengandung zat-zat berbahaya. Selain itu, juga masa expired-nya juga masih lama.

“Hasilnya, tadi sudah bagus. Tidak ada yang mengandung formalin maupun zat yang berbahaya lainnya dan tidak ada yang kedaluwarsa,” terangnya.

Selain mamin, kata Dedy, pihaknya juga melakukan sidak untuk melihat langsung penerapan protokol kesehatan di salah satu mal. Dirinya melihat memang protokol kesehatan sudah dijalankan.

“Tadi mal yang kita datangi sudah menyediakan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh dan bilik disinfektan,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari menambahkan, temuan yang didapat dalam sidak itu yakni kemasan mamin yang rusak. Namun, jumlahnya tidak banyak.

“Kemasan kaleng banyak yang penyok. Kita minta untuk diganti,” tandasnya. (muj/ima)

Komentar

Berita Terbaru