oleh

Wali Kota Tegal Dedy Yon : Sudah Zona Hijau Covid-19, Jangan Terlena

TEGAL – Setelah negatif Covid-19, Kota Tegal yang semula merupakan zona merah telah kembali menjadi hijau. Meski begitu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono berharap masyarakat tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Itu diungkapkannya saat memberikan sambutan dalam acara aksi peduli Covid-19 pemberian APD bagi tim medis dan tebar paket sembako dari Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (Forkinka) dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Kota Tegal Kamis, (14/5) di Pendapa Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Tegal.

Menurutnya, terkait pencegahan Covid- 19, Pemkot Tegal telah melakukan berbagai upaya. Mulai dari local lockdown, isolasi wilayah dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Saat ini Kota Tegal telah negatif kasus Covid-19 dan berubah dari zona merah ke hijau. Namun, kita perlu waspada jangan sampai terlena dan berlebihan mengingat daerah sekitar seperti Kabupaten Tegal dan Brebes masih zona merah,” katanya.

Menurut Dedy Yon, saat ini pihaknya berharap agar ekonomi cepat pulih. Karenanya, pada 15 Mei 2020 semua kegiatan usaha akan dibuka.

“Nantinya semua karyawan harus pakai masker dan sarung tangan, di pintu masuk pusat perbelanjaan Pemkot Tegal akan menyediakan thermogun dan bilik disinfektan di pusat perbelanjaan sesuai standar kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, imbuh Dedy, warga diwajibkan pakai masker, pusat perbelanjaan/mall besar harus dijaga ketat. Itu penting agar pengunjung merasa nyaman dan aman dari ancaman penularan Covid-19 saat mengunjungi pusat perbelanjaan.

Terkait bantuan, Dedy Yon menyampaikan apresiasi karena Forkinka dan BMPD yang telah turut membantu mempercepat penanganan pasien penderita Covid-19 yang dirawat di rumah sakit rujukan yang ada di Kota Tegal.

“APD ini akan sangat dibutuhkan bagi petugas kesehatan yang berada di garda depan dalam melawan Covid-19. Semoga bantuan ini akan semakin menumbuhkan semangat para tenaga medis dalam situasi saat ini untuk menolong para pasien,” ucap wali kota.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Idonesia (BI) Tegal M. Taufik Amrozi mengatakan, di tengah pandemi ini, pihaknya masih bisa bersyukur dan menunjukkan kepedulian kepada sesama dengan memberikan paket sembako lebih dari 750 paket senilai Rp120 juta lebih.

“Untuk BI, kegiatan ini merupakan bagian dari 46 kantor perwakilan di Indonesia dengan nilai Rp30 M lebih. Semoga bermanfaat untuk gugus tugas termasuk masyarakat,” ucap M. Taufiq. (muj/ima)

Komentar

Berita Terbaru