Pemkab Tegal Salurkan Bantuan untuk Pelaku Usaha dan Nelayan

SLAWI - Pemkab Tegal melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) menyalurkan bantuan untuk pelaku usaha dan nelayan.

Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Tegal Umi Azizah berupa alat untuk menunjang proses produksi bagi pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan serta solar.

Bupati Tegal Umi Azizah, Kamis (23/9) mengatakan, bantuan itu berupa Chest Freezer untuk empat kelompok pengolah dan pemasar ikan di Desa Dermasandi, Jenggawur dan Bedug Kecamatan Pangkah.

Kemudian bantuan berupa solar diberikan kepada 261 nelayan kecil di Kecamatan Kramat dan Kecamatan Suradadi.

Selain itu juga bantuan apartemen ikan sebanyak 100 modul untuk kelompok masyarakat pengawas Pandan Jaya di Desa Purwahamba Kecamatan Suradadi.

"Bantuan itu berasal dari Kementerian KP dan Dinas KPP Provinsi Jawa Tengah. Yang dari provinsi ada cooler box 200 liter dan life jacket, cooler box 33 liter dan life jacket, bantuan BBM, kartu nelayan sejahtera, kartu nelayan Jawa Tengah dan bantuan rumah ikan," katanya.

Sedangkan bantuan dari Pemkab Tegal, tambah Umi Azizah, berupa eksavator dan bantuan percontohan budidaya ikan lele di kolam terpal. Selain dari pemerintah, lanjut Umi, bantuan juga datang dari Bank Indonesia (BI) Tegal.

Bantuannya berupa pembuatan cerobong asap untuk delapan kelompok pengolah dan pemasar ikan di Desa Dermasandi Kecamatan Pangkah.

"Semoga bantuan itu dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik," tambahnya.

Asisten Direktur Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal Dodi Nugraha mengatakan, bantuan cerobong asap yang diberikan sebanyak 8 unit. Diharapkan, cerobong ini dapat meningkatkan kualitas produk olahan ikan sekaligus mengurangi polusi yang ditimbulkan dari proses pengolahan ikan asap. Sehingga masyarakat tidak terganggu dengan asap yang dihasilkan.

"Nilai bantuan totalnya Rp48 juta. Bantuan berupa cerobong asap dan tungku pengasapan," ujarnya. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Soal Cuitan Polisi Diganti Satpam Bank, Kapolri: Jangan Antikritik, Introspeksi untuk Menjadi Lebih Baik.
  • Stop Penggunaan Sinovac, Thailand Beralih Gunakan Vaksin yang Efektif Lawan Varian Baru Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terbaru