Pemudik Diminta Putar Balik dan ke Luar dari Kalikangkung di Pintu Tol Tegal, Ini Penyebabnya

JAKARTA - Dalam rangka penanganan arus balik para pemudik selama periode Lebaran 2022, kepolisian saat ini sedang melakukan pengaturan arus lalu lintas di jalan tol.

Beberapa langkah dilakukan untuk mengurai kemacetan dan kelancaran lalu lintas perjalanan.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru memaparkan, one way dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang hingga Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, dimulai sejak pukul 14.00 WIB

Sementara contraflow dua lajur dari Km 47 hingga Km 28+500 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, dimulai sejak pukul 14.00 WIB.

“Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya yaitu arah timur yang telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah timur Jalan Tol Trans Jawa dari Cikampek hi bba Semarang,” ucapnya.

Bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju ke arah Cirebon dan Jawa Tengah, dapat melalui jalur alternatif yaitu keluar GT Karawang Barat Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dilanjutkan ke Jalan Raya Klari – Kosambi – Cikampek – Simpang Jomin – Pantura.

Sedangkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju ke arah Bandung masih dapat menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Jalan Tol Cipularang dengan melalui jalur alternatif, salah satunya yaitu dengan keluar GT Karawang Barat Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dilanjutkan ke jalan non tol hingga Purwakarta, masuk ke GT Sadang Km 76 Jalan Tol Cipularang menuju arah Bandung dan sekitarnya.

“Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pengendara, Saka mengaku, imbas dari kebijakan contraflow dirinya terpaksa melakukan putar balik di arah barat karena proses sterilisasi belum selesai.

“Sudah masuk contraflow diputar balik karena koordinasinya kurang,” ujarnya, Jumat (6/5).

Pria 25 tahun itu, diarahkan putar balik dan keluar dari Kalikangkung di pintu tol Tegal dan dapat memasuki jalan tol kembali arah Jakarta.
Sebab, saat ini kebijakan contraflow dari arah Jakarta belum siap.

“Iya disuruh keluar Tol Tegal abis itu masuk lagi,” ungkapnya dikutip dari Jawapos.co.id. (ima/rtc)

Baca Juga:

  • Ada Pergerakan 20 Pasukan di Luar Kendali Dukung Sambo, Ketua IPW: Brimob Sampai Tak Ingin Bentrok.
  • Tabungan Brigadir J Diduga Dikuras Salah Seorang Tersangka Pembunuhnya, Pengacara Keluarga: Orang Mati Kirim Duit.

Berita Terkait

Berita Terbaru