Pendeta Gereja Sepakat dengan Gus Miftah: Iyalah Rendang kok, Apa Agamanya?

JAKARTA - Pernyataan Gus Miftah soal rendang tidak punya agama mendapat dukungan dari seorang pendeta gereja. Bahkan, pendeta yang tak diketahui identitasnya itu hanya tertawa dengan keributan perihal agama rendang.

Sang pendeta tak mampu menyembunyikan kebingungannya, jika ada yang bertanya tentang agama rendang. Tanggapan sang pendeta itu disampaikannya melalui sebuah tayangan video yang diunggah kanal YouTube DH Entertainment, Sabtu (18/6).

"Bener nggak, rendang agamanya apa pak pendeta?" tanya Gus Miftah.

"Rendang kok punya agama? Iyalah, rendang kok, apa agamanya rendang?" jawab sang pendeta.

Sang pendeta lalu menjelaskan dirinya bisa saja tidak akan mengolah rendang dengan menggunakan daging babi. Dia meyakini persoalannya hanya terfokus pada rasa dan selera masing-masing individu saat mengolah bahan baku daging.

Dia sepakat dengan Gus Miftah rendang memang tidak mempunyai keyakinan tertentu atau agama. "Tentunya sih kalau saya mungkin nggak bikin babi menjadi rendang. Ini karena soal taste (rasa), selera. Tapi kalau rendang punya agama atau tidak, tentu tidak dong," kata sang pendeta.

Setelah itu Gus Miftah mengatakan bahwa dia sangat berterima kaasih kepada ornag yang sudah menjual produk non halal dengan tetap mencantumkan label non halal.

Dengan cara seperti itu, Gus Miftah yang merupakan pemakan makanan halal tidak sampai terjerumus makan makanan non halal. "Sehingga saya sebagai pengkonsumsi makanan halal, melihat makanan non halal ya nggak saya beli dong," paparnya.

"Tapi juga nggak usah emosi, gitu loh. Cukup nggak saya beli, tanpa saya harus emosi. Mungkin saya akan emosi kalau ornag jualan barang haram nggak dikasih label non halal, itu menjerumuskan," sambung Gus Miftah.

Terakhir Gus Miftah berpesan kepada orang-orang Minang, apabila ad aucapan dan perkataannya yang salah maka dia secara pribadi meminta maaf.

"Jadi kembali kepada sahabat-sahabat saya di Minang, di Padang, kalau kemudian pernyataan saya itu soal rendang membuat mereka tersinggung tentunya saya sebagai seorang manusia biasa ya saya minta maaf,"

"Tidak ada niatan saya menyinggung kawan-kawan saya di Minang maupun di Padang," tuturnya menambahkan.

Sebagaimana diketahui, polemik sejak kapan rendang punya agama yang sempat diucapkan Gus Miftah ternyata masih ramai diperbincangkan. Gus Miftah sendiri mengaku bingung pertanyaannya itu sampai bisa disalahkan oleh banyak orang.

Dalam pengajian Gus Miftah dan ceramahnya, dia beberapa kali menyampaikan bahwasannya rendang atau makanan memang tidak mempunyai agama.

Namun, Gus Miftah mengucapkan permintaan maaf apabila perkataannya ada yang sampai merasa tersinggung. Meski begitu kata kata Gus Miftah kembali menegaskan kalau rendang memang sebenarnya tidak punya agama dan itu menurutnya suatu fakta. (dis/zul)

Baca Juga:

  • Dilengserkan dari Presiden ACT, Ahyudin Diduga Dirikan Lembaga Donasi Baru GMC.
  • Jadi Polemik, Ustaz Ahong Bilang ACT Sudah Lama Terindikasi Danai Aksi Terorisme di Suriah.

Berita Terkait

Berita Terbaru